Senin, 18 Februari 2019

Revelation Concept of the Koran by Stefan Wild

Pentingnya  al-Quran  bagi  Muslim  dan  Islam  sama  dengan  pentingnya  Yesus  Kristus  bagi  umat  Kristiani  dan  Kristen.  Artinya, baik sarjana Muslim maupun non muslim, dari masa ke masa melakukan penelitian dengan berbagai metode dan paradigma untuk membuktikan statemen tersebut.  
Sarjana Muslim sepakat bahwa Al-Qur’an adalah  kalāmullah yang diturunkan oleh Allah kepada Muhammad saw melalui perantara  Jibril.  Pada  periode  awal,  Al-Qur’an  belum  terbukukan  rapi.  Pembukuan  Al-Qur’an  atau  yang  sering  dikenal  dengan  istilah  kanonisasi puncaknya terjadi pada masa era khalifah Utsman bin Affan. Proses perubahan tersebut, dari sesuatu yang tidak tertulis (oral and listening tradition)  menjadi  tertulis  dalam  waktu  belakangan  ini telah menarik minat para sarjana untuk menelitinya. Perubahan tersebut, yang seharusnya menyelesaikan beberapa persoalan, di kemudian  hari  melahirkan  persoalan  baru,  salah  satu  persoalan  yaitu  terkait text.
Sebagian  sarjana  barat  dalam  kesimpulannya  atas  studi  pre-text atau Al-Qur’an sebelum dikodifikasikan menyatakan bahwa terdapat unsur-unsur lain dalam pembentukan Al-Qur’an. Misalnya Al-Qur’an telah mengadopsi atau mengambil himne-himne umat Kristiani, mengadopsi ajaran Yahudi dan Al-Qur’an berasal dari bahasa Syro-Aramaic.  Adanya  unsur-unsur  tersebut,  mereka  secara  tidak  langsung  menyimpulkan  bahwa  Al-Qur’an  bukanlah  kalāmullāh, meragukan  orisinalitas  atas  Al-Qur’an  sebagai  Firman.  Namun  di  pihak lain, ada sebagian sarjana Barat yang tidak sependapat dengan  hasil kajian tersebut.
Stefan wild adalah sarjana barat yang tidak sependapat dengan hasil kajian di atas. Wild tetap percaya Al-Qur’an adalah sebuah firman Tuhan yang sama halnya yang diyakini terhadap Yesus. Tetapi, firman Tuhan yang berupa Al-Qur’an dan firman Tuhan yang berupa Yesus  jauh  berbeda,  sehingga  terjadi  reduksi  pemahaman,  bahkan  kesalahan fatal, jika membandingkan antara kedua firman tersebut.
Dalam tulisan singkat ini, penulis mencoba memaparkan pandangan
Stefan Wild tentang pewahyuan Al-Qur’an. Selain itu, bangunan pemikirannya, dasar asumsinya dan implikasi dari pemikirannya tersebut juga dibahas dalam tulisan ini.

Selasa, 12 Februari 2019

Refrensi Sirah Nabawiyah

Islam diturunkan oleh Allah SWT melalui perantara Malaikat kepada salah satu manusia pilihan dari pilihan yang terbaiknya, Muhammad SAW. Oleh Ummat Islam, sosok Muhammad SAW telah menjadi sumber segala sumber, seperti etika, moral, pengetahuan, hukum dan sebagainya. Oleh karena itu, Ummat Islam yang hidup jauh dari masanya ingin sekali berkenelan lebih dekat dengan kekasih Allah SWT dan rasa keinginan ummat Islam itu telah membawa keinginan para ulama, cendekia dan sarjana Muslim untuk membuat karya yang dapat menggambarkan sosok Muhammad SAW tersebut.
Beberapa Karya itu diantaranya adalah:

-          1. Shofi al-Rahman, al-Rah{i>q al-Makhtu>m; Bah{s^ fi Si>rah Nabawiyyah, Beirut: Dar Ih{ya>’ al-Tura>s^
-          2. Sami> bin Abdullah, al-At}las al-Ta>ri>khy Li Si>rah al-Rasu>l, Riyad: Maktabah al-Abi>ka>n, 2004
-          3. Abdul Aziz, al-Risalah al-Muhammadiyah, Tunisia: Mat}ba’ah al-Ira>sudah, 1938
-          4. Akram D}iya<’ul Umari, Al-Si>rah al-Nabawiyyah al-S}ahi>hah, Madinah: Maktabah al-Ulu>m wa al-H}ikam, 1994
-          5. Muhammad Amin bin Muhammad, al-Sirah al-Nabawiyyah fi Fath al-Bari
-          6. Syauqi> Abu> Khali>l, At}las al-Si>rah al-Nabawiyyah, Damaskus: Da>r al-Fikr, 2002
-          7. Ibrahim al-Ya’qubi, Al-Anwar fi Sya>ma’il al-Nabi al-Mukhta>r, Damaskus: Da>r al-Maktabi>, 1995
  8. Muhammad bin Muhammad Abu Syuhbah, al-Si>rah al-Nabawiyyah fi D}au’i al-Qur’a>n wa Sunnah, Damaskus: Da>r al-Qalam.

Beberapa Karya diatas dan beberapa karya lainnya seputar Sirah Nabawiyah Disini.

Kamis, 07 Februari 2019

Review apk Ensiklopedia Hadis

 Ensiklopedia Hadis Kitab 9.

Kemajuan IPTEK sudah masuk kepada seluruh sendi kehidupan umat Manusia. Oleh karena itu, hasil kemajuan IPTEK ditangan manusia sama halnya Pisau, Keris, Pedang dan Samurai yang telah dihasilkan oleh para penyepuh baja tersebut. Artinya, hasil tersebut dapat melahirkan efek domino negatif maupun positif. Salah satu efek domino positif kemajuan IPTEK bagi kalangan sivitas akademik, umat Islam dan siapapun yang tertarik adalah lahirnya program, tool Ensiklopedia Kitab Hadis 9 ini.

selama ini, apk ini lebih populer sebagai apk yang dikhususkan bekerja di smartphone, baik versi sistem android atau apple. Tujuannya sangat jelas, memberikan kemudahan bagi umat manusia yang pada kehidupannya sekarang lebih dituntut tinggi mobilitasnya, atau dalam bahasa kerennya "Nilai Pragmatisme dalam kehidupan" lebih dikedepankan. Kehadiran apk tersebut mampu menjawab mobilitas tersebut tidak hanya sekedar pragmatisme, tetapi juga menghadirkan sesuatu yang berbeda dengan apk-apk lainnya; adanya nuansa keilmuan hadis yang sangat kental.

Dalam ulum al-hadis, langkah pertama untuk mencari tahu kualitas hadis adalah kritik sanad dan salah satunya dengan cara mengkaji sosok sang perawi hadis itu sendiri yang kemudian dikenal dengan istilah ilm jarh wa ta'dil. Secara keilmuan, langkah tersebut harus dilalui, tetapi secara pragmatis tuntutan tersebut sangat memberatkan bagi kalangan awam yang memang tidak memfokuskan diri kepada ilmu-ilmu itu. Dengan dua pertimbangan tersebut, apk menghadirkan kualitas-kualitas perawinya, meskipun kalau menghendaki edisi lengkap harus ditingkatkan ke apk premiumnya.

                                               Gb. salah satu Biografi Perawi yang didasarkan
                                               ilmu jarh wa ta'dil yang sangat sederhana.


Selain langkah kritik Sanad, tahap ke dua adalah kritik matan. Tujuan utama kritik ini adalah memastikan bahwa matan hadis tersebut benar-benar dapat dipertanggungjawabkan berseumber kepada Nabi. Apakah tidak cukup hanya sekedar kritik sanad? Cendekiawan Muslim Kontemporer, Shalahuddin al-Adlabi menegaskan bahwa tidak ada jaminan kesahihan sanad secara otomatis matan shahih. salah satu langkah kritik matan yang diajarkan oleh para Muhaddisin adalah konfirmasi.

Konfirmasi merupakan bentuk kritik matan paling tua karena sudah dipraktekan sejak masa Nabi Muhammad SAW hidup. Pada praksisnya saat ini, konfirmasi hadis adalah mencari tahu apakah ada matan hadis yang serupa melalui jalur lainnya. Tujuan utama adalah untuk mencari tahu narasi matan yang sesungguhnya seperti apa, apakah sama atau beda antar jalur periwayatan. Dengan prinsip seperti inilah, Imam Syafi'i kemudian melahirkan metode al-jam'u, atau dalam ilmu hadis ini juga disebut mencari syawahid dan tabi' hadis yang sedang dikaji.



                                              Gb hadis terkait sangat kental dengan prinsip
                                                 kritik matan yang ada dalam ilmu hadis.


apk Ensiklopedia Hadis Kitab 9, sebagai apk yang menjawab mobilitas tinggi umat manusia, tidak hanya berpegang pada prinsip pragmatisme belaka, tetapi sekuat daya juga berpegang pada prinsip-prinsip keilmuan akademis, terutama ulum al-hadis. Oleh karena itu, apk sangat direkomendasikan bagi para semua khalayak yang sangat tertarik pada Hadis-Hadis Nabi. Lebih menggembirkan lagi, setelah fokus pada dunia smartphone berbasis android dan apple, apk ini sekarang sudah hadir untuk versi PC berbasis windows dan bisa di Unduh disini.













   


Selasa, 22 Januari 2019

Berbincang Eksistensialisme Nilai ala Sastre

oleh : Amelia Sholikhah
            A.      Latar Belakang
Manusia merupakan kajian sentral bagi dalam Barat dewasa ini. Kajian mengenai yang ada atau eksistensialisme di barat bercorak antroporsentrisme di mana manusia sebagai pusat kajiannya. Berbeda halnya dengan tradisi Islam yang memusatkan perhatian atau mengkaji Yang Ada berpusat kepada Tuhan, teosentrisme. Perbedaan corak atau kajian mendalam mengenai yang ada disebut dalam tradisi filsafat sebagai pembahasan eksistensialisme. filsuf Perancis yang bernama Jean-Paul Sartre (1905—1980) adalah filsuf eksistensialis-ateis modern yang paling terkenal dan berpengaruh di Perancis ataupun di dunia. Pengaruhnya, manifes ataupun laten, tetap eksis sampai sekarang. Maka dari itu dalam pembahasan makalah ini saya ingin memaparkan beberapa pemikiran dari jean paul sarte tentang eksistensialisme.
           B.      Biografi Jean Paul Sarte.
Jean-Paul Sartre dilahirkan di Paris pada tanggal 21 Juni 1905. Keluarganya tergolong borjuasi menengah. Ayahnya seorang penganut Katolik dan ibunya penganut Protestan. Sartre kecil  merupakan anak yang ringkih  dan sangat sensitif. Masa sekolahnya merupakan pengalaman yang pahit sebab ia selalu mendapat cemooh dari  teman-temannya yang lebih tegap dan kuat (Fuad hasan:1992. 151). Pada usia dua tahun, ayah Sartre meninggal dunia dan ia akhirnya ikut sang kakek yang menganut Protestan. Oleh sang kakek, Sartre dibesarkan dalam agama Katolik.   Sewaktu kecil, Sartre masih mengakui Tuhan. Sartre kecil yang berusia 10 tahun taat beribadah. Ia rajin ke Gereja dan membaca kitab suci. Ia mengikuti jalur ibunya, seorang protestan yang taat pada ajaran. Sekitar usia 11 tahun, Sartre mulai memunculkan pikiran kritisnya tentang agama. Dalam benaknya, ia berpikir bahwa ia ingin mengawinkan Katolik dan Protestan. Baginya, Katolik mempunyai semangat kepasrahan dan Protestan mempunyai semangat kekritisan. Jika ia bisa mengawinkan keduanya,  ia akan mempunyai jiwa beragama yang kuat.   Ketaatan dan keteguhan Sartre kecil akhirnya ditumbangkan oleh dirinya sendiri.Sewaktu Sartre berusia 12 tahun, ia ingin ikut pesta di rumah temannya dan ia berdoa pada Tuhan agar dibelikan baju yang baru oleh orang tuanya. Namun, doanya  tak kunjung dikabulkan. Ia tidak dibelikan baju baru oleh orang tuanya. Karena itu, ia marah besar pada Tuhan sebab keinginannya tidak terpenuhi. Padahal, ia sangat berharap pada Tuhan agar mengabulkan permintaannya. Sejak itulah,  secara perlahan  ia mulai meninggalkan Tuhan. Meskipun ia melakukan ibadah ke Gereja, hal itu dilakukan karena ia takut terhadap orang tuanya, terutama sang ibu. Dalam hatinya, Tuhan mulai dihilangkan jauh-jauh.  Ia tidak ingin mempunyai Tuhan lagi dan ia memutuskan untuk tidak beragama. Dalam keteralineasiannya tersebut, Sartre mengungkapkan bahwa  agama baginya adalah sastra (Sarte:2002. 75-76).
 Agama dalam Kerangka Pikir Sartre Muda Konsep  Etre (Ada), Etre-En-Soi (Ada-Untuk-Diri), dan Etre-Pour-Soi (Ada-Bagi-Diri) Pada tahun 1924 Sartre muda  masuk ke perguruan tinggi yang paling bergengsi dan terkemuka di Perancis, École Normale Supérieure. Sekitar tahun 1929 ia berhasil memperoleh Agregation de Philosophie (gelar untuk mengajar) sebagai juara pertama Pada masa ini, Sastre memunculkan konsep Etre (Ada), Etre-En-Soi (Ada-Untuk-Diri), dan Etre-Pour-Soi (Ada-Bagi-Diri) (Bertens:2006. 89-90). Konsep Etre-En-Soi (Ada-Untuk-Diri) pada hakikatnya berkait dengan ada-nya manusia di bumi. Ada tersebut merupakan ada dalam wadag. Semua makhluk di bumi pasti Ada. Ada di sini bersifat tidak aktif-tidak pasif, tidak positif-tidak negatif. Konsep ini berkait dengan hal/ikhwal. Konsep yang kedua, Etre-Pour-Soi (Ada-Bagi-Diri) yakni merupakan Ada yang aktif. Manusia merupakan makhluk yang Etre-Pour-Soi (Ada-Bagi-Diri) sebab ia mampu melakukan apa saja dengan kehendaknya. Berpijak pada Etre-En-Soi (Ada-Untuk-Diri) dan Etre-Pour-Soi (Ada-Bagi-Diri),Sartre mengemukakan bahwa manusia adalah bentuk eksistensi mendahului esensi bukan esensi mendahului eksistensi. Sekadar contoh,  pensil yang diciptakan oleh sangpenciptanya mempunyai satu kegunaan yaitu untuk menulis.  Sang pencipta pensil tersebut sudah memikirkan kegunaan pensil tersebut tatkala masih dalam pikirannya. Dengan demikian, pensil tersebut esensi mendahului eksistensi. Jadi, sebelum pensil tersebut dimunculkan ke dunia, ia sudah diformat bahwa kegunaannya adalah untuk menulis.  Hal itu menandakan bahwa pensil hanya mempunyai Etre-En-Soi (Ada-UntukDiri).Berbeda halnya dengan pensil, manusia  sebelum dilahirkan masih belum terformat apa kegunaannya di dunia. Ketika ia dilahirkan, barulah manusia tersebut  bergerak dan berpikir bebas-sebebas-bebasnya sebab semua bergantung pada dirinyasendiri. Dengan demikian,  manusia yang pandai, cerdas, dan kaya hal tersebut karena manusia tersebut ingin menjadi manusia yang  pandai, cerdas, dan kaya. Sebaliknya, manusia yang bodoh dan miskin  hal tersebut karena manusia tersebut menginginkan menjadi manusia yang bodoh dan miskin.
Pemikiran Sartre yang menandaskan bahwa manusia adalah sosok eksistensi mendahului esensi pada akhirnya memunculkan ungkapan yang ekstrim dan radikal bahwa dengan mematikan Tuhan maka manusia bisa menjadi manusia yang bebas absolut. Jika Tuhan masih ada, manusia tidak akan pernah bebas secara absolut sebab selalu di bawah bayang-bayang eksistensi Tuhan. Manusia adalah pencipta bagi dirinya sendiri (causa sui). Karena itu, hidupnya selalu dalam kebebasan dalam mencari jati diri. Kebebasan tersebut dalam pandangan Sartre merupakan kebebasan yang berkesadaran. Dengan demikian, kebebasan dalam pikiran Sartre tersebut merupakan kebebasan yang bertanggung  jawab.  Karena itu, manusia yang beragama mau tidak mau tidak pernah bisa bebas sebab mereka dibelenggu oleh aturan-aturan yang ada dalam agama tersebut.  Pemikiran Sartre yang meniadakan Tuhan dan mematikan Tuhan  sebenarnya agak terpengaruh oleh pemikir pendahulunya, F. Nietzsche, --eksistensialis ateis dari Jerman--  yang menyatakan bahwa Tuhan telah mati. Jika Tuhan telah mati maka manusia akan menjadi manusia yang bebas menentukan jalan hidupnya.   Pernyataan Sartre ataupun  Nietzsche tersebut sempat mengundang banyak kontroversi --terutama di kalangan kaum Kristiani--  sebab  keduanya  banyak memarginalkan/menghina agama Kristen, baik secara implisit ataupun eksplisit. Dalam kaitannya dengan ateisme --yang semakin menguat-- yang  muncul dalampikiran Sastre, terdapat tiga alasan. Pertama, Sastre banyak dipengaruhi oleh pemikir-pemikir ateis pendahulunya, misal Marx. Dalam pandangan Sastre, pemikiran Marx merupakan pemikiran yang  radikal sebab berkait dengan pembebasan manusia proletarian  dari kungkungan manusia borjuasi (Sarte:2003.33-34). Dalam konteks agama, marxisme beranggapan bahwa manusia pada akhirnya berupa materi saja. Karenaitu, mereka tidak mengakui adanya Tuhan.  Pemikiran Nietzsche  memengaruhi Sastre  dalam kaitannya dengan  pernyataan bahwa Tuhan telah mati. Pemikiran Martin Heiddeger memengaruhi Sartre dalam kaitannya dengan pernyataan bahwa manusia meninggalkan Tuhan demi ilmu pengetahuan (Anas Ahmad:2009.39).
 Adapun pemikiran Sigmund Freud –psikolog-psikoanalisis dari Jerman—memengaruhi Sartre dalam kaitannya dengan pernyataan bahwa orang yang ber-Tuhan adalah orang yang neurosis/psikosis. Pemikir-pemikir  ateis tersebut, ternyata memengaruhi pemikiran Sastre secara langsung/tidak langsung.
Kedua, Sartre hidup pada zaman perang dunia ke II. Pada masa ini, Sartre banyak menyaksikan  orang-orang yang tidak bersalah terbunuh. Peperangan terjadi di mana-mana, pemerkosaan, penjarahan, dan perusakan merajalela.  Bertolak dari fenomena perang dunia II tersebut, Sartre berpandangan bahwa Tuhan tidak ada (Sarte:2002.100). Jika Tuhan ada, tidak mungkin Tuhan membiarkan umatnya  yang tidak bersalah terbunuh atau bahkan membiarkan umatnya berperang. Jika Tuhan ada,  Tuhan akanturun tangan dan menolong umatnya yang ada di muka bumi. Namun, kenyataannya, sudah berjuta-juta orang terbunuh tetapi Tuhan tidak muncul/memberikan pertolongan kepada umatnya. Bertolak dari fenomena tersebut, Sartre memunculkan pemikiran filosofisnya melalui karya sastra dalam kaitannya dengan masalah kemanusia dan politik.  Perpaduan antara filsafat dan sastra tersebut  ternyata   semakin memperindah  esensi karya yang diciptakan oleh Sartre (Sarte:2002.401). Ketiga,   eksistensi manusia harus bebas. Karena itu, nilai etisnya kebebasan berarti menghilangkan apa yang membelenggu kebebasan tersebut.  Kebebasan tersebut ditinjau dari konteks kebebasan vertikal ataupun kebebasan horizontal (Sarte:2001.300). Dengan begitu, Tuhan harus ditiadakan agar manusia bisa menjadi manusia yang bergerak sesuai dengan keinginannya sendiri tanpa harus dikungkung oleh Tuhan. Bertolak dari kehidupan yang bebas dan tidak berketuhanan tersebut, Sartre benar-benar memanifestasikannya dalam kehidupan.Ketika Sartre  dekat dengan Simon de Beauvoir,  ia tidak ingin menikah dengan perempuan tersebut. Jika Sartre menikah dengan perempuan tersebut, ia akan menjadi manusia yang tidak bebas.  Ia juga tidak ingin dicap orang lain sebagai A atau sebagai B. Bahkan, karena prinsip kebebasan yang absolut tersebut dia menyatakan bahwa ”orang lain adalah neraka (hell is other people)” (Dagun:1990.90). Pemikiran Sartre tersebut sebenarnya mengutip kesejarahan Adam turun ke bumi. Dalam kisah tersebut, Adam turun ke bumi gara-gara mengambil buah kuldi yang diinginkan/diminta oleh Hawa. Alhasil, Adam pun diturunkan ke bumi oleh Tuhan karena mengambil buah kuldi. Seandainya, tidak ada Hawa, Adam tidak akan turun ke bumi. Dengan demikian, orang lain adalah neraka. Di usia yang menua, Sartre mulai (kurang) menunjukkan  gejala ketidakajegannya dalam berprinsip. Kebebasan yang digadang-gadang dan diunggulkan oleh Sartre ternyata dihadapkan pada faktisitas (Leahly, 2001:58).  Faktisitas tersebut antara lainsebagai berikut. Pertama,  tempat,  manusia tidak bisa menolak tempat/geografi. Diakui atau tidak, manusia harus bertempat tinggal, baik secara temporal ataupun permanen.                                  
Simone de Beauvoir adalah pencetus Feminis -Eksistensialis. Ia memunculkan -isme tersebut dalam kaitannya dengan reaksi terhadap  eksistensialisme –yang memandang bahwa wanita adalah kelas kedua/subordinat—yang  berada di Perancis . Keduanya, yakni Sartre dan Simone de Beauvoir memang sepakat tidak mau menikah sebab keduanya tidak ingin dibelenggu oleh ikatan perkawinan (Anas ahmad:2009.40). Karena itu, mereka tidak bisa melupakan dan/atau menghilangkan tempat tinggal sebab tempat itu ada sebelum manusia itu ada.Kedua, masa lalu, manusia pasti mempunyai masa lalu dalam kaitannya dengan pelahiran dan kisah hidupnya, baik yang putih,  hitam, ataupun abu-abu. Dalam hal ini, manusia tidak bisa melepaskan diri dari masa lalu. Ia tidak bisa mengatakan bahwa ia dilahirkan tanpa ayah tanpa ibu. Semua orang dilahirkan oleh sang ibu. Dengan demikian, mereka tidak bisa lepas dari yang namanya orang tua.  Ketika seseorang mempunyai kisah masa lalu yang  buruk/buram ataupun masa lalu yang baik dan menyenangkan, semua bisa direkayasa. Sekadar contoh, kehidupan masa lalu yang buruk/buram bisa direkayasa menjadi kehidupan masa lalu yang bagus dan menyenangkan atau sebaliknya. Namun,  manusia tidak bisa lepas dari apa yang disebut dengan masa lalu, meskipun masa lalu tersebut telah direkayasa.
   Ketiga,  relasi antar manusia, diakui atau tidak,  manusia menurut  adalah sosok homo socius (makhluk sosial) dan homo comparativus (makhluk pembanding) (Darma,2005). Dengan demikian,   sebagai  merupakan makhluk sosial yang tidak lepas hubungannya dengan manusia yang lain.  Kita pun akan melakukan perbandingan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Dalam hal ini, manusia terlahir dengan ras yang berbeda, ada yang kulit putih, kulit hitam, dan kulit sawo matang. Perbedaan kulit tersebut bisa jadi menimbulkan  diskriminasi.  Pemunculan diskriminisi tersebut disebabkan oleh adanya ras yang berbeda dan juga karena adanya orang lain yang membandingkan.  Jika tidak ada orang lain dan tidak ada ras yang berbeda,  bisa  diskriminasi ras tidak akan pernah muncul di muka bumi ini. Sartre berpandangan bahwa adanya manusia lain dalam  kehidupan pasti akan menimbulkan masalah, baik masalah sosial, politik, ekonomi, budaya, dan yang rentan/sensistif adalah masalah agama. Sartre mengungkapkan bahwa manusia sebagai makhluk  individual yang bebas ternyata tidak bisa lepas dari jerat manusia yang lain dalam konteks relasi antarmanusia untuk menjalankan kehidupan. Pemikiran Sartre yang menyatakan bahwa manusia adalah sosok makhluk individual yang bebas ternyata tidak sepenuhnya benar. Hal itu disebabkan  pemikiran bahwa manusia individual jika tidak lepas dari manusia sosial.  Melalui fenomena ini, Sartre memang tidak bisa berkelit bahwa manusia tidak lepas dari relasi antarmanusia.   Keempat, kematian,  faktisitas ini merupakan sesatu yang pasti dalam ketidakpastian. Karena itu, Sartre mengungkapkan bahwa manusia pasti mati. Namun, ia tidak tahu kapan kematian itu akan terjadi dan menimpa diri. Ketika kematian tiba, eksistensi manusia akan berakhir.
           Dalam kaitannya dengan kebebasan yang absolut, Sartre tampaknya gagal untuk lepas dari kematian. Sejauh-jauhnya manusia lari dari kematian, mereka pasti akan bertemu dengan kematian. Karena  itu, Martin Heiddeger mengungkapkan bahwa manusia adalah Sein Und Seit, Ada untuk Mati.  Hal itu merepresentasikan bahwa kaum ateis tidak mampu mengelak dari apa yang disebut kematian. Mulai dari zaman dahulu sampai sekarang telah banyak filsuf ateis yang berusaha memecahkan/mendefinisikan apa itu kematian. Namun, semuanya  menemukan jalan buntu (Setiawan:2006.56). 

C.     Pengertian Eksistensialisme
            “Eksistensialisme” yang berasal dari kata “eksistensi” dalam bahasa Indonesia dapat ditelaah dan didefinisikan melalui dua cara. Pertama, secara harfiah yakni sesuai dengan kaidah-kaidah tata bahasa yang berlaku, dan kedua, mengacu pada salah satu bentuk gerakan pemikiran yang ada dalam filsafat. Secara harfiah, kata “eksistensi” yang mana dalam bahasa Inggris adalah “existence” ialah sebentuk kata benda yang berarti “state of existing…” dan dengan kata kerja intrasitif “exist” dengan pengertian “be real…”(Oxford University:2005.149), berasal dari bahasa Latin “existo” dan “exister”. Dalam bahasa Prancis, “existo” terdiri dari “ex” dan “sisto” yang berarti to stand. Kesemuanya dalam bahasa Indonesia secara harfiah berarti “ada”, “adanya”, “hidup”, “kehidupan”, “keadaan hidup”, “berdiri”, “keadaan berdiri”, “keadaan mengada” atau “berada” (John M. Echols & Hassan Shadily:1996.224). Sedangkan imbuhan –isme di belakang kata tersebut mengacu pada sebentuk aliran, ajaran atau pemahaman sehingga apabila keseluruhan kata tersebut secara telanjang diterjemahkan, Eksistensialisme akan berarti: suatu aliran, ajaran atau pemahaman mengenai “ada”, “hidup”, “kehidupan” atau “berada”.
            Tak dapat dipungkiri bahwa terdapat cukup banyak tokoh besar dalam filsafat eksistensialisme, sebut saja Soren Kierkegaard, Friedrich Nietzsche, Martin Heidegger, Karl Jasper, Franz Kafka, Gabriel Marcel, Fyodor Dostoyevsky, Albert Camus dan Jean Paul Sartre. Disadari atau tidak, hal tersebut bukannya tanpa dampak sama sekali, melainkan kian mempersulit upaya pencarian arti dan makna atas eksistensialisme secara pasti. Pada tataran ini, harus diakui memang, akan lebih mudah menjelaskan satu demi satu berbagai ide tokoh eksistensialisme yang ada pada zamannya ketimbang menjelaskan istilah eksistensialisme dengan cara mengambil bagian-bagian ide utama dari para tokoh eksistensialisme tersebut. Namun, bilamana pengkajian secara seksama pada tiap-tiap tokoh besar eksistensialisme yang ada pada masanya dilakukan maka ditemui kata-kata seperti “eksistensi”, “individu”, “kebebasan”, “keputusan”, “pilihan”, “gairah” serta perhatian yang mengacu pada “subyektivitas individu” atau “manusia” kerap mereka gunakan (Vincent Martin:2003.1-2). Dengan demikian, istilah eksistensialisme yang mengacu pada salah satu bentuk gerakan pemikiran yang ada dalam filsafat dapat diartikan secara umum sebagai suatu pemahaman yang menempatkan keber-Ada-an individu atau entitas manusia di dunia sebagai yang utama.
Lebih jauh, sebagaimana telah dijelaskan dan ditegaskan sebelumnya bahwa pengkajian berikut pembahasan yang dilakukan lebih difokuskan pada eksistensialisme Jean Paul Sartre atau tepatnya konsep interaksi sosial yang termuat dalam arus pemikiran tersebut melalui segenap pertimbangan seksama mengingat kedudukan Sartre sebagai tokoh yang “mempopulerkan” berikut “mengukuhkan” eksistensialisme, maka menjadi syarat dilakukan kiranya pemaparan definisi berikut “maksud” eksistensialisme dalam pandangan Jean Paul Sartre.
Dalam Existentialism and Humanism (1946), Sartre mendefinisikan eksistensialisme sebagai aliran, ajaran atau pemahaman yang meyakini bahwa “eksistensi mendahului esensi” (existence precedes essence). Secara singkat, apa yang dimaksudkan Sartre adalah, sesuatu barulah dapat dimaknai ketika sesuatu tersebut “ada” terlebih dahulu. Sebagai misal, Sartre mengatakan, “…pertama-tama manusia ada, berhadapan dengan dirinya sendiri, terjun ke dalam dunia—dan barulah setelah itu ia mendefinisikan dirinya … Ia tidak akan menjadi ‘apa-apa’ sampai ia menjadikan hidupnya ‘apa-apa’ … manusia adalah bukan apa-apa selain apa yang ia buat dari dirinya sendiri, itulah prinsip pertama Eksistensialisme” (Sartre:2002.40-45). Dalil atau pemahaman di ataslah yang kemudian memunculkan istilah absurd, le neant, nausea, mauvaise foi, etre-en-soi, etre-pour-soi, facticity, humanism .

D.     Eksistensialisme jean paul sarte
Jean paul sarte adalah tokoh yang menciptakan istilah “eksistensialisme” melalui eksemplar Being and Nothingness serta Existentialism and Humanism. Melalui eksistensialisme, Sartre merajai kehidupan intelektual Perancis selama dua dekade lamanya. Eksistensialisme Sartre memberikan pengaruh besar terhadap para filsuf, politisi dan seniman Perancis kala itu. Meskipun individualisme dan muatan “antisosial” dalam eksistensialisme menyebabkannya dicap sebagai “filsafat kaum borjuis” oleh banyak pihak, namun faktual para pengangguran dan gelandangan di pinggir jalan pun menyebut diri mereka sebagai “eksistensialis” (Suseno:tth.73 dan Palmer:2003.2). Disadari dan diakui atau tidak, hal tersebut membuktikan betapa kuat dan luasnya pengaruh filsafat eksistensialisme.
Terdapat beberapa tema pokok yang diusung eksistensialisme Jean Paul Sartre, antara lain “eksistensi”, “kebebasan dan pilihan”, “kesadaran”, “otentitas” serta “keterasingan” di mana kesemua hal tersebut menghantarkan eksistensialisme sebagai filsafat yang berbicara mengenai kebebasan manusia berikut etika (Suseno:tth.74). manusia yang “mengada” di dunia. Terkait aspek etika dalam eksistensialisme, sebagaimana ditegaskan Franz Magnis Suseno bahwa etika merupakan “ilmu mengenai bagaimana seharusnya manusia berperilaku” (Suseno:tth.14), maka etika eksistensialisme berupaya memberikan petunjuk atas bagaimana seharusnya manusia berperilaku dalam merespon dirinya sebagai makhluk yang pada hakekatnya bebas “sebebas-bebasnya”. Terkait hal tersebut Sartre menegaskan, “Human reality is free, basically and completely free” (realitas manusia adalah bebas, pada dasarnya dan sepenuhnya bebas) (Sartre:1956.479). Melalui serangkaian pemikiran eksistensialisme di atas, kiranya tak berlebihan menempatkan eksistensialisme sebagai puncak pemikiran Barat atas “kebebasan” dan semangat “anti-Tuhan”. Terkait hal tersebut, Fuad Hassan menegaskan bahwa ikhtiar Sartre merupakan puncak pemikiran dan pemahaman atas manusia (Fuad Hasan:1976.2).
Pandangan ontologi Sartre, pandangannya mengenai Ada juga tidak jauh dari apa yang dipahami Heidegger. Ada dalam pandangan Sarte berbeda dengan mengada. Peleburan antara Ada dengan mengada merupakan akibat dari proyek modernitas yang menekankan Cogito atau rasio, bagi kebanyakan aliran penganut postmo. Namun bukan hal tersebut yang ingin penulis uraikan, namun pandangan Ada dari Sartre yang menjadi pisau analisis eksistensialis manusia.
Dalam teori eksistensialismenya,Sarte membagi tiga modus cara berada.
              Pertama, Ada pada dirinya Being in it self.
Untuk yang pertama, modus Adanya hanya terdapat pada mengada-mengada lainnya yang tidak mampu menanyakan Adanya. Misalnya batu, emas, pohon jambu, pohon mangga yang ada dalam diri mereka sendiri. Pada batu, memiliki kodrat yang keras. Emas kodratnya jenis batuan yang berharga. Pada cara modus berada ada dalam dirinya, batu tidak bisa tidak mmemiliki kodrat atau sifat alamiah keras. Hal yang sama juga dengan emas, tidak bias tidak memiliki kodrat sebagai jenis batu-batuan yang memiliki nilai jual. Pohon jambu juga demikian akan menghasilkan buah-buah jambu sebagai kodratnya begitu juga dengan pohon mangga yang memiliki kodrat berbah mangga. Dengan kata lain, batu, pohon dan benda-benda alam lainnya, tidak dapat tidak identik dengan kodrat yang sudah ada di dalam dirinya. Ketika batu tidak lagi keras, emas tidak lagi bernilai, pohon jambu tidak agi berbuah jambu dan pohon mangga juga tidak berbuah mangga, dalam pandangan
eksistensialisme Sartre perlu disangsikan apakah itu benar-benar yang dimaksud. Hal tersebut yang dimaksud dari ada di dalam dirinya being  in it self  yakni cara modus berada di mana ia sudah dikodratkan atau ditentukan seperti itu.
          Kedua, Ada untuk dirinya Being for it self.
Modus cara berada yang kedua yaitu ada untuk dirinya being for it self. Cara mengada yang demikian memiliki kekkhasan cara berada di mana ada sifat negativitas. Maksud dari sifat negativitas ialah ada “pengingkaran” atau penolakan terhadap pengkodratan atau pengidentikkan sesuatu yang dilekatkan kepada dirinya. Hanya manusia menurut Sarte yang memiliki cara berada yang khas. Manusia bisa menolak pengidentikan pengkodratkan yang disematkan terhadap dirinya dari orang lain. Hanya manusia yang bisa mengatakan tidak terhadap pengkodratan yang tidak sesuai dengan dirinya, asal dirinya sadar atas pengkodatan yang diberikan oleh orang lain terhadap dirinya. Misalnya, saat manusia dikodratkan oleh suatu pengkodratan tertentu dari luar dirinya, manusia dapat menolak atau menegasikan pengkodratan yang dilekatkannya itu dengan cara mengingkari lewat pemikiran maupun perbuatan sehingga apa yang dikodratkan terhadap dirinya dapat ternegasikan. Pengkodratan atau pengidentikan diri yang datang dari luar dirinya juga bisa dikatakan persepsi yang dibangun dari luar diri terhadap diri yang dikenakan persepsitersebut. pada cara berada yang kedua, cara berada yang khas pada manusia dengan hidup dari persepsinya sendiri. Manusia tidak mesti hidup dari persepsi orang lain yang mencederai nilai-nilai yang khas yang ada di dalam diri manusia. Dalam pandangan eksistensialisme, hanya manusia yang berkah menguasai dirinya sendiri.   
          Ketiga, Ada untuk yang lain Being for others.                                     
Adapun cara berada yang ketiga, yaitu ada bagi orang lain being for other. Cara berada yang demikian merupakan cara berada dimana seseorang hidup berdasarkan
pengkodratan yang diberikan oleh orang lain terhadap dirinya. Misalnya, si A menganggap dirinya adlah pribadi  yang bodoh atau berpengetahuan rendah karena demikianlah orang lain melebelkan pengkodratan itu kepada dirinya. Jadi bukan atas pemaknaan dirinya yang dilakukan oleh dan untuk dirinya sendiri. Ketika seseorang hidup berdasarkan kodrat yang dilebelkan terhadap diri yang menerimanya, hal itulah yang dimaksud dengan cara modus berada untuk yang lain being for others. Namun ketika seseorang tadi menegasikan kodrat 27 yang disematkan terhadap dirinya dari orang lain, artinya ia hidup atas dasar modus eksistensi dirinya sendiri, maka ia berada pada cara berada ada untuk dirinya being for it self.
Dalam pandangan eksistensialisme yang merasuk dalam sastra berpijak dari landasan bahwa Tuhan telah mati, dan melihat dunia maupun sejarah sebagai ketakjelasan dan absurd. Oleh karena itu melalui kecemasan para manusia, memainkan kebebasan mereka serta menolak kepalsuan yang ditawarkan olehpara rasionalis optimis, dibangun suatu humanism baru dengan mencari gairah balik keputusasaan yang jelas dihadapi oleh para manusia. Di sisi lain, Sartre juga mengalami situasi zamannya,merasakan masa pendudukan dan peperangan. Ia turut pula menjadi saksi bahkan melibatkan diri dengan zamannya. Hal ini men-jadikan sebagian besar karyanya lantas menyentuh, baik langsung maupun tidak, pada persoalan-persoalan manusia modern dalam segala kondisinya (Birul:tth.47) .

E.      Kesimpulan
Pandangan ontologi Sartre, pandangannya mengenai Ada juga tidak jauh dari apa yang dipahami Heidegger. Dalam teori eksistensialismenya, Sarte membagi tiga modus cara berada. Pertama, Ada pada dirinya Being in it self. Kedua, Ada untuk dirinya Being for it self. Ketiga, Ada untuk yang lain Being for others.
Jean paul sarte adalah tokoh yang menciptakan istilah “eksistensialisme” Melalui eksistensialisme, Sartre merajai kehidupan intelektual Perancis selama dua dekade lamanya. Eksistensialisme Sartre memberikan pengaruh besar terhadap para filsuf, politisi dan seniman Perancis kala itu. Meskipun individualisme dan muatan “antisosial” dalam eksistensialisme menyebabkannya dicap sebagai “filsafat kaum borjuis” oleh banyak pihak, namun faktual para pengangguran dan gelandangan di pinggir jalan pun menyebut diri mereka sebagai “eksistensialis”. Disadari dan diakui atau tidak, hal tersebut membuktikan betapa kuat dan luasnya pengaruh filsafat eksistensialisme.
Eksistensialisme berupaya memberikan petunjuk atas bagaimana seharusnya manusia berperilaku dalam merespon dirinya sebagai makhluk yang pada hakekatnya bebas “sebebas-bebasnya”. Terkait hal tersebut Sartre menegaskan, “Human reality is free, basically and completely free” (realitas manusia adalah bebas, pada dasarnya dan sepenuhnya bebas). Melalui serangkaian pemikiran eksistensialisme di atas, kiranya tak berlebihan menempatkan eksistensialisme sebagai puncak pemikiran Barat atas “kebebasan” dan semangat “anti-Tuhan”. Terkait hal tersebut, Fuad Hassan menegaskan bahwa ikhtiar Sartre merupakan puncak pemikiran dan pemahaman atas manusia


DAFTAR PUSTAKA
.  
 Ahmad,Anas. Agama dalam kerangka pikir  ateisme  jean-paul sartre Parafrase Vol. 09. No. 02 September 2009.Diakses pada tanggal 30/04/2018, pukul 13.20.
Birul Sinari Adi, Absurditas dalam drama les mouches karya jean-paul sartre Sebuah Pendekatan Semiotik.
Bertens, K. 2006. Filsafat Barat Kontemporer: Prancis. Jakarta: Gramedia.
Dagun, S.M. 1990. Filsafat Eksistensialisme. Yogyakarta: Rhineka Cipta
Hasan, Fuad.1976. Berkenalan dengan Eksistensialisme, Jakarta: Pustaka Jaya
Martin, Vincent ,2003. Filsafat Eksistensialisme, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 
Oxford University, 2005. Oxford Learner’s Pocket Dictionary, New York: Oxford University Press
Saefuddin,Fahmi, Gender dan Eksistensialisme Sartre.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani.Vol. 13 , No. I , Tahun. 2017 doi.org/10.21009/JSQ.013.1.07 diakses pada tanggal 30/04/2018. Pukul 13.00 wib
Suseno,Franz Magnis,2000, 12 Tokoh Etika Abad Ke-20, Yogyakarta: Kanisius.
Suseno,Franz Magnis,1993, Etika Dasar, Yogyakarta: Kanisius 
Sartre, Jean Paul, Eksistensialisme dan Humanisme, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sartre, Jean Paul , 1956 . Being and Nothingness, New York : Philosophical Library. .
Sartre, J.P. 2001. Kata-kata. Terjemahan. Jakarta: Gramedia.
__________. 2001. Kematian yang Tertunda. Terjemahan.   Yogyakarta: Jendela.
__________. 2002.   Eksistensialisme dan Humanisme.  Terjemahan.Pustaka Pelajar:
Pustaka Pelajar.
__________. 2002. Seks dan Revolusi. Terjemahan.  Yogyakarta: Bentang.  
__________. 2002. The Age of Reason. Terjemahan.  Yogyakarta: Jendela.
__________. 2003. Pengantar Teori Emosi. Terjemahan.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.  
__________. 2004. Dogmatik Kritik. Terjemahan. Yogyakarta: Celepuk.
Setiawan. 2006. “Skema Manusia Biofili dan Nikrofili”. Jurnal  Prasasti Vol. 17. No. 1.