Kamis, 19 April 2018

Mengenal Aquinas: sang revelusioner filsafat agama awal

Sekapur Sirih
Menurut sejarah perkembangan dunia islam dan pengetahuan, pada masa abad
pertengahan merupakan masa dimana perkembangan pengetahuan di belahan dunia Barat
tidak berkembang secara baik. Pada masa itu, pengetahuan mengalami masa suram.
Dalam keadaan seperti ini, St. Thomas Aquinas terlahir sebagai pencerah. Beliau
menyumbangkan hasil pikirannya berupa filsafat teologi yang diyakini dan digunakan
sebagai rujukan pengembangan pengetahuan filsafat hingga kini.
Filsafat-filsafatnya didasari oleh prinsip-prinsip dan teori Aristotelisme (prinsip-
prinsip yang dicetuskan oleh Aristoteles). Selain menganut prinsip-prinsip Aristotelisme,
St. Thomas Aquinas dalam mencetuskan filsafat-filsafatnya tidak terlepas dari pengaruh
dan pengetahuan yang beliau dapatkan dari karya-karya Neoplatimisme maupun
Augustinus dan pelajaran dari Albertus Magnus.

Tulisan sederhana ini ingin mengupas secara singkat pemikiran Aquinas diatas.
Pembahasan
*Pemikiran Aquinas dalam Teologi*
Aquinas mendasarkan filsafatnya pada kepastian adanya Tuhan. Ia mengetahui
banyak ahli teologi percaya pada adanya Tuhan hanya berdasarkan pendapat umum. Ada
juga akal teologi yang menganggap eksistensi Tuhan tidak dapat diketahui dengan akal,
itu hanya diketahui berdasarkan iman.
Menurut Aquinas, eksistensi Tuhan dapat diketahui oleh akal. Untuk
membuktikan pendapatnya ini ia mengajukan 5 dalil (argumen):

1. Diangkat dari sifat alam yang selalu bergerak. Di dalam alam ini segala sesuatu
bergerak. Dari sini dibuktikan Tuhan ada. Bierman dan Gould (1973:639) menamakan
argumen ini argumen gerak. Jelas sekali bahwa alam ini bergerak. Setiap yang bergerak
pasti digerakkan oleh yang lain sebab tidak mungkin suatu perubahan dari potensialitas
begerak ke aktualitas bergerak tanpa ada peenyebabnya, dan penyebab itu tidak mungkin
ada pada dirinya sendiri. Dengan kata lain, tidak mungkin sesuatu bergerak sendiri.
Gerakan adalah perubahan dari potentia ke actus; potentia tanpa sebab lain tidak
mungkin actus. Akan tetapi timbul persoalan: bila sesuatu bergerak hanya karena ada
penggerak yang menggerakkannya, tentu penggerak itu pun memerlukan pula penggerak
di luar dirinya. Bila demikian, terjadilah penggerak berangkai yang tidak terbatas.
Konsekuensinya ialah tidak ada penggerak. Menjawab persoalan ini Aquinas
mengatakan bahwa justru karena itulah maka sepantasnya kita sampai pada penggerak
pertama, yaitu penggerak yang tidak digerakkan yang lain Itulah Tuhan.

2. Sebab-Akibat. Di dalam dunia inderawi kita saksikan adanya sebab yang mencukupi.
Tidak ada sesuatu yang mempunyai sebab pada dirinya sendiri. Suatu kejadian adalah
akibat dari suatu penyebab dan penyebab itupun merupakan akibat dari penyebab-
penyebab lainnya. Demikian seterusnya sampai ditemukan penyebab awal. jika tidak ada
penyebab awal, tidak akan terjadi rangkaian akibat sesudahnya. Atau, rangkaian kejadian
tersebut tidak mungkin tanpa penyebab awal. Penyebab awal itu adalah Tuhan.

3. Argumen kemungkinan atau keharusan (possibility and necessity) (Bierman Gould). Di
dalam ini segala sesuatu bersifat mungkin ada dan mungkin tidak ada. Adanya alam ini
bersifat mungkin8. Kesimpulan itu kita ambil karena kenyataannya isi alam ini dimulai
tidak ada, lalu muncul, lantas berkembang, akhirnya rusak atau menghilang. Kenyataan
itu, yaitu alam berkembang menuju hilang, membawa kita kepada konsekuensi bahwa
alam ini tidak mungkin selalu ada karena ada dan tidak ada tidak mungkin menjadi sifat
sesuatu sekaligus dalam waktu yang sama. Bila sesuatu tidak mungkin ada, ia tidak akan
ada. Nah, mestinya sekarang ini tidak ada sesuatu.
Ini berlawanan dengan kenyataan. Kalau demikian, harus ada sesuatu yang ada sebab
tidak mungkin muncul yang Ada Pertama itu tidak ada. Sebab, bila pada suatu waktu
tidak ada sesuatu, maka tidak mungkin muncul sesuatu yang lain. Jadi, Ada Pertama itu
harus ada karena adanya alam dan seisinya ini. Akan tetapi, Ada Pertama itu, Ada yang
harus ada itu, darimana? Terjadi lagi rangkaian penyebab. Kita harus berhenti pada
penyebab yang harus berhenti pada penyebab yang harus ada; itulah Tuhan.

4. Memperhatikan tingkatan yang terdapat pada alam ini (Bierman Gould: 640).
Isi alam ini masing-masing berkelebihan dan berkekurangan, miaalnya dalam hal
kebaikan , keindahan, kebenaran. Ada orang yang dihormati, ada yang lebih dihormati,
ada yang terhormat. Ada indah, lebih indah, terindah. Tingkatan tertinggi menjadi sebab
tigkatan dibawah-Nya. Yang Mahasempurna, Yang Mahabenar, adalah sebab bagi
sempurna dan benar pada tingkatan dibawah-Nya. Karena itu, Tuhan merupakan
tingkatan tertinggi. Begitu juga tentang ada. Tuhan memiliki sifat Ada yang tertinggi; da
ada yang di bawahnya disebabkan oleh Ada yang tertinggi itu.

5. Berdasarkan keteraturan alam (Bierman Gould: 640-641). Kita saksikan isi alam
dari jenis yang tidak berakal bergerak atau bertindak menuju tujuan tertentu, dan
pada umumnya berhasil mencapai tujuan itu, sedangkan mereka tidak mempunyai
pengetahuan tentang tujuan itu. Dari situ kita mengetahui bahwa benda-benda itu diatur
oleh sesuatu, dalam bertindak mencapai tujuannya. Sesuatu yang tidak berakal mestinya
mungkin tidak mampu mencapai tujuan. Nyatanya mereka mencapai tujuan. Ia tidak
mungkin seandainya tidak ada yang mengarahkan mereka. Yang mengarahkan itu pasti
berakal dan mengetahui. Kita lihat anak panah diarahkan oleh pemanah. Yang mengarahkan alam semesta dan isinya ini harus ada, harus berakal dan berpengetahuan. Itulah Tuhan.
Ajaran berdasarkan konsep (Plato dan Augustinus ).segala sesuatu yang
diciptakan mengambil bagian dalam adanya Allah:
1. Dunia tercipta bukan dari semacam bahan dasar, tetapi tergantung dari Allah.
2. penciptaan tidak terbatas pada satu saat saja, berarti penciptaan berjalan terus.
3. Pemikiran Aquinas tentang Jiwa

Menurut Aquinas jiwa dan raga mempunyai hubungan yang pasti: raga
menghadirkan matter dan jiwa menghadirkan form, yaitu prinsip-prinsip hidup yang
aktual. Kesatuan antara jiwa dan raga bukanlah terjadi secara kebetulan. Kesatuan itu
diperlukan untuk terwujudnya kesempuraan manusia. jiwa ialah kapasitas intelektual
(pikir) dan kegiatan vital kejiwaan lainnya. Oleh karena itu, Aquinas mengatakan bahwa
manusia adalah makhluk berakal. jiwa harus membimbing raga karena jiwa lebih tinggi
daripada raga.
Jadi, manusia itu satu substansi saja. Satu substansi sedemikian rupa sehingga
jiwalah yang menjadi bentuk badan (anima foma corporis). Dengan perkataan lain,
jiwalah yang membuat tubuh menjadi realitas. Jiwa menjalankan aktivitas-aktivitas yang
melebihi sifat badani belaka. Aktivitas itu adalah berpikir dan berkehendak. Keduanya itu
merupakan aktivitas rohani. Ini sesuai dengan prinsip agere sequitur esse yang artinya
cara bertindak itu sesuai dengan cara beradanya. Karena jiwa bersifat rohani, maka
setelah manusia mati, jiwanya hidup terus.

Sekalipun jiwa memiliki kesatuan (jiwa itu satu), ia dapat dibagi dalam
kemampuannya ; kemampuan mengindera (sensation), kemampuan berpikir (reason),
nafsu (appetitte) yang mencakup kemauan. Kedudukan jiwa dalam badan, menurut
Aquinas, hanya bergantung secara ekstrinsik. Aquinas berpendapat bahwa jiwa itu bersifat immortal. Menurutnya jiwa manusia itu tidak dapat rusak. Sesuatu dapat rusak
karena dua sebab: sebab dari dirinya dan sebab dari luar.
Dengan mengikuti ajaran Kristen, Aquinas berpendapat bahwa jiwa akan hidup
kembali sesudah kematiannya dan ia akan disatukan dengan jasad12.ini berarti bahwa
jiwa tetap mempunyai keterarahan pada badan (materi) . Ajaran ini jelas akan sulit
dibenarkan oleh seorang filsuf yang mencari kebenaran atas dasar rasio belaka13. Ini
berlawanan dengan Aristoteles dan ajaran ini berselisih dengan ajaran Ibn Rusyd14.

*Pendapat Aquinas tentang Kosmologi

Di dalam kosmologi Aquinas ialah pandangannya tentang matter dan form.
Menurut pendapatnya, matter tidak dapat terpisah dari form. Bila terpisah, maka akan
terdapat kontradiksi sebab matter itu tidak jelas. Misalnya: setiap benda terdiri atas bahan
(matter) dan sifat (form). kalau kita misalkan dengan sepotong emas, maka zat (matter)
emas ialah bendanya itu, sedangkan kuningnya emas ,susunan kimianya, dan lain-lainnya
adalah sifat (form).
Teori Santo Thomas Aquinas adalah teori Hylomorphism. Teori tersebut
menekankan penciptaan dari satu matter dan satu
form. Matter dan form adalah konsep metafisika dalam penciptaan yang sama-sama
penting. Tidak ada benda nyata jika tidak mempunyai matter atau form. Matter dan form
merupakan sebuah prinsip kesatuan yang harus ada dalam benda-benda realitas dunia.
Ketiga adalah permasalahan pada pengertian kedua kata
formless. Materi tersebut diciptakan oleh Tuhan dengan mempunyai form atau bentuk
dasar. Hal itu mempunyai pengertian bahwa materi mempunyai sifat yang abadi dengan
Tuhan. Seharusnya, bendabenda atau segala sesuatu yang berasal atau ciptaan Tuhan
tidak abadi. Apakah materi tersebut Tuhan sendiri atau sesuatu yang dekat dengan Tuhan
yang mempunyai sifat yang sama yaitu abadi.
Struktur “essentia dan exintentia” (essentia=essensi=haikat),
(existential=ekstensi=beradanya). Essensi “what is”(apakah sesuatu itu), eksistensi
“that it is”(sesuatu itu ada). Perbedaan antara manusia dengan malaikat menurut
Aquinas ialah karena malaikat tidak mempunyai tubuh, jadi tidak mempunyai
matter. Mereka semata-mata form16, tetapi punya struktur “essensi dan eksistensi”
(karena diciptakan). Allah tidak punya struktur ‘essensi-eksistensi’ dan tunggal
bukan majemuk (esse subsistems) sedangkan manusia mempunyai matter dan
form.

*Teori pengetahuan Aquinas*

Dalam seluruh teorinya tentang pengetahuan, Aquinas dibimbing oleh
pandangannya bahwa pikir (reason) dan iman tidak bertentangan17. "manusia
mempunyai suatu alat yang di milikinya berdasarkan kodrat alam yang tidak
dipunyai oleh mahlukmahluk lainnya. Alat itu ialah "akal" atau "fikiran" (reason,
rede)" (Apandi, 1977 :29)18
Menurut pendapatnya, semua objek yang tidak dapat diindera tidak akan
dapat diketahui oleh akal. Oleh karena itu, kebenaran ajaran Tuhan itu tidak
dapat diketahui dan diukur oleh akal. Kebenaran ajaran Tuhan itu hanya bisa
diterma dengan iman.
Aquinas mengajarkan bahwa kita harus menyeimbangkan akal dan iman:
akal membantu membangun dasar-dasar filsafat Kristen. Perlu disadari bahwa
akal tidak dapat memberikan penjelasan tentang kehidupan kembali (resurrection)
dan penebusan dosa. Akal juga tidak akan mampu membuktikan kenyataaan esensial tentang keimanan Kristen . oleh karena itu, ia berpendapat bahwa dogma-
dosma Kristen itu tepat sebagaimana yang disebutkan dalam firman-firman
Tuhan.
Aquinas membagi pengetahuan menjadi tiga bagian: pengetahuan fisika,
matematika, dan metafisika. Dari yang tiga ini metafisikalah yang lebih banyak
perhatiannya, yang menurut pendapatnya dapat menyajikan abstraksi tingkat
tertinggi (mayer: 461).
Di dalam doktrinnya tentang pengetahuan, Aquinas adalah realis moderat.
Ia tidak sependapat dengan Plato yang mengajarkan bahwa alam semesta ini
mempunyai eksistensi yang objektif. Ia mengajarkan bahwa alam semesta ini
berada dalam tiga cara, yaitu :
1. Sebagai sebab-sebab didalam pemikiran Tuhan (ante rem)
2. Sebagai idea dalam pikiran manusia (post rem)
3. Sebagai esensi sesuatu (In rem).
Dapat dicatat disini bahwa Aquinas mencoba menjembatani dua ekstrimitas :
extreme nominalism dan exreme realism. Nominalisme adalah suatu ajaran dalam
filsafat skolastik yang menyatakan bahwa tidak ada eksistensi abstrak yang
sungguh-sungguh objektif; yang ada hanyalah kata-kata dan nama; yang benar-
benar real ialah fisik yang particular ini saja (Runes : 210). Realism ialah salah
satu ajaran dalam filsafat yang mengatakan bahwa realitas universal abstrak sama
dengan atau lebih tinggi daripada realitas (Runes : 264).
Aquinas melakukan harmonisasi antara dua ekstrem itu dengan cara
memperlihatkan bahwa alam semesta ini mempunyai berbagai pengertian bila
diterapkan pada Tuhan,manusia, dan alam. Sains menurutnya,berkenaan dengan
alam jenis ketiga, yaitu lam sebagai esensi. Konsep-konsep sains tidak a priori
sebab manusia dilhirkan tidak membawa idea-idea material. Menurut pendapat
Aquinas, pikiran tidak akan berisi apa-apa bila tidak menggunakan indera. Proses
pengetahuan dimulai dari penginderaan, yang memberikan kepada kita persepsi
tentang suatu objek di alam. Persoalan yang dihadapkan kepada Aquinas ialah
bagaimana persepsi itu diterjemahkan kedalam idea-idea yang dapat dipikirkan.
Untuk menyelesaikan masalah ini Aquinas menggunakan Aquinas menggunakan

istilah intelek aktif (active intelect) yang bertugas mengabstrasikan unsur-unsur
dalam alam semesta, lalu menciptakan jenis-jenis yang dapat dipikirkan. Intelek
itulah yang memberikan kepada kita keadaan susunan alam semesta. Melalui
intelek aktif kita dapat memahami prinsip-prinsip pertama yang menga tur semua
kenyataan.

*Etika Aquinas*

Nilai etika tertinggi pada etika Aquinas ialah kebaikan Tertinggi.
Kebaikan tertinggi itu menurut pendapatnya tidak mungin dapat dicapai dalam
kehidupan sekarang. Kita harus menungggu hari kelak tatkala kita memperoleh
pandangan yang sempurna tentang tuhan19. Pandangan etika Aquinas
menekankan superioritas kebaikan keagamaan. Karenanya ia banyak membahas
iman. Ia toleran terhadap orang-orang yang tidak beriman dan bekerja sama
dengan mereka , tetapi ia juga terang-terangan menuduh ia kafir. Orang-orang
kafir itu akan mengalamilepas hubungan dengan Tuhan. Bila mereka terus saja
demikian mereka akan matI dalam hukuman. Tentang kematian yang demikian
gereja tidak akan memberikan hukuman , tetapi dunia akan memberikan
hukuman.
Dasar kebaikan ialah kemurahan hati (charity) yang menurut Aquinas
lebih dari sekadar kedermawaan atau belas kasihan. Kemurahan hati itu terdapat
dalam jiwa yang penuh cinta. Cinta kepda Tuhan datang pertama kali, dari situ
muncul cinta kepada selain Tuhan. Akan tetapi konsep nya tentang cint tidak
menyeluruh karena tidak mencakup orang kafir




*Teori politik Aquinas*


Menurut Aquinas moral sebagai idea pemerintahan.keadaan Negara tidak
dapat dipisahkan dari sifat sosial manusia. Dari Aristoteles ia mengenal istilah
manusia hewan yang berpolitik (mayer 464. Karena manusia manusia tidak
dilengkapi untuk mempertahankan diri sebagaimana perlengkapan binatang, maka
manusia memerlukan kebersamaan dengan manusia lain dalam mencapai tujuan-
tujuannya.
Salah satu kebenaran yang diajarkan hukum alam (juga dengan hukum
ilahi) adalah sosialitas manusia. Keluarga menurut Aquinas adalah hal yang alami.
Setiap individu tidak akan dapat memenhi kebutuhan dan mmperoleh
kesejahteraannya sendiri. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa negara
merupakan bagian terlengkap dari sosialitas. Meskipun pencapaian kesepakatan
diantara banyak individu merupakan suatu hal yang sulit akan tetapi meneguhkan
atau membentuk kesatuan dan menciptakan kedamaian merupakan kondisi-
kondisi awal yang dibutuhkan seandaianya masyarakat (yang dibimbing oleh
gereja) ingin menempuh usaha terpenting yaitu memperoleh keselamatan dalam
kehidupannya.

Di dalam teori Aquinas itu anggapan bahwa kehidupan manusia ada di
surga; disana keadaannya manusia tanpa kesalahan dan tanpa dosa warisan. Dari
sisni lahirlah anggapan bahwa keluarga adalah sesuatu yang amat esensial dalam
masyarakat dan meruapkan institusi yang tidak dapat berubah. Timbul pula
anggapan pada para penulis zaman itu bahwa sejarah dimulai dari ketinggian,
kehormatan, dan eksistensi yang memuaskan.
Menurut penulis abad pertengahan, manusia itu menemui anarki,
perpecahan,dan permusuhan. Melalui organisasi kelompoklah manusia dapat
menjamin kehidupannya yang lebih aman.
Menurut Aquinas hukum dibagi menjadi empat macam, yaitu hukum
abadi, hukum alam, hukum Tuhan, dan hukum manusia. Harus ada hukum yang
pasti dalam penciptaan dan pengaturan alam semesta; inilah yang dimaksud dengan hukum abadi, yaitu suatu rencana (blue print) yang mengatur penciptaan
dan pengaturan alam semesta ini.

*Tentang Gereja*

Di dalam filsafat agama, Aquinas mengatakan bahwa manusia tidak akan
selamat tanpa perantaraan gereja. Dalam hal ini sama dengan Augustinus : outside
the church no salvation can be found (mayer: 362). Sakramen-sakramen gereja itu
mempunyai dua tujuan:
1. Menyempurnakan manusia penyembahan kepada Tuhan
2. Menjaga manusia dari dosa.
Baptis mengatur permulaan hidup, penyesalan (confirmation) untuk
keperluan pertumbuhan manusia, dan sakramen maha kudus (eucharist) untuk
menguatkan jiwa. Dosa dapat dihilangkan dengan dua cara : dengan penebusan
dosa (penance) maksudnya penyesalan terhadap dosa-dosa dan dengan
perminyakan suci (exreme unction) yang mempersiapkan kehidupan abadi.

*Dua Macam kesatuan menurut Aquinas*

Meskipun Thomas Aquinas (1226-1274) hanya mencapai umur 48 tahun, tetapi
hasil karya nya sangat banyak sekali21. Pemikirannya selalu tajam, analitis, to the point.
Dimana ia membicarakan masyarakat dan Negara, Thomas menguraikan dua cara sesuatu
dapat dapat merupakan kesatuan yang sangat relevan bagi masalah kita. Ia membedakan
dua macam unum (kesatuan). Unum in se dan unum ordinis.
Unum in se berarti : satu pada diri sendiri. Sesuatu itu merupakan “satu pada diri
sendiri” apabila sesuatu itu sedemikian bersatu sehingga dapat bertindak sendiri dan
bagian-bagiannya hanya dapat ada dan bertindak sebagai satu itu, biasa disebut kesatuan
substansial. Contohnya adalalah: organisme ,meskipun organisme terdiri dari banyak
bagian, namun ia bertindak sebagai satu dan berada sebagai satu. Sebaliknya, bagian-bagiannya, organ-organnya tidak daoat bereksistensi diluar kesatuan dengan organisme
mereka dan tidak dapat.
Sedangkan unum ordinis (“kesatuan tatanan”) adalah kesatuan antara beberapa
unum in se yang terarah kepada tujuan yang satu. Jadi, unum ordinis terdiri dari substasi-
substnsiyang seenarnya berdiri sendiri, yang mandiri tetapi tersusun, tau menyusun diri
sedemikian rupa sehingga membentuk tatanan (“ordo”). Mereka bisa meninggalkan
kesatuan tatanan itu dan bertindak sendiri.
Thomas membuat distingsi antara dua kesatuan itu untuk menjelaskan dalam arti
apa masyarakat dan Negara merupakan kesatuan. Ia menegaskan bahwa semua satuan
atau struktur sosial merupakan unum ordinis bukan unum per se. ia memperlihatkan hal
itu antara lain dengan menunjukkan bahwa fungsi masyarakat dan Negara hanya
sementara (selama manusia hiduo di dunia ini ), sedangkan manusia individual ada untuk
selama-lamanya (karena sesudah mati dipanggil kesisi Tuhan.
Thomas juga memperlihatkan bahwa masyarakat tidak boleh dianggap sebagai
organisme dengan anggota-anggotanya sebagai organ. Masyarakat tidak mempunyai
eksistensi diluar anggota-anggotanya. Ia tidak mempunyai sebuah jiwa sendiri. Tujuan
masyarakat adalah kesempurnaan warga-warga nya dan bukan sebaliknya.


Kamis, 21 September 2017

Khutbah Tahun Baru Hijriyah

Monggo seng arep hutbah..
الْـحَمْدُ لِلهِ الَّذِي خَلَقَ كُلَّ شَيْء فَقَدَّرَهُ تَقْدِيْرًا وَأَتْقَنَ مَا شَرَعَهُ وَصَنَعَهُ حِكْمَةً وَتَدْبِيْرًا، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَكَانَ اللّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرًا، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَرْسَلَهُ إِلَى الْـخَلْقِ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا وَدَاعِيًا إِلَى اللهِ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ وَسَلَّمَ تَسْلِيْماً كَثِيْرًا. أمَّا بَعْدُ: عِبَادَ الله، اِتَّقُوا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ. فقال تعالى : يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ
Hadirin sidang Jumah rahimakumullah
Hari demi hari, bulan ke bulan berikutnya, hingga tahun baru pun berganti. Hal ini menunjukkan semakin berkurangnya waktu hidup kita di dunia dan mengingatkan semakin dekatnya usia kita menuju alam akhirat.
Maka, menjadi waktu terbaik untuk selalu introspeksi diri atas segala amal yang telah kita kerjakan, agar selalu semakin lebih baik.
Seperti peringatan Allah di dalam ayat-Nya:
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٌ۬ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٍ۬‌ۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ (١٨)
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok [akhirat], dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS Al-Haysr [59]: 18)
Dengan demikian kita harus selalu berprinsip bahwa semakin tambah umur, semakin baik amalnya. Serta hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyebutkan di dalam haditsnya:
خَيْرُالنَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ وَشَرُّالنَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَسَاءَعَمَلُهُ.
Artinya: “Sebaik- baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amalnya dan seburuk-buruk manusia adalah orang yang panjang umurnya dan buruk amalnya.” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Hakim).
مَنْ كَانَ يَوْمُهُ خَيْرًا مِنْ اَمْسِهِ فَهُوَ رَابِحٌ وَمَنْ كَانَ يَوْمُهُ مِثْلَ اَمْسِهِ فَهُوَ خَاسِرٌ وَمَنْ كَانَ يَوْمُهُ شَرًّا مِنْ اَمْسِهِ فَهُوَ مَلْعُوْنٌ
Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin maka ia beruntung, barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin maka ia merugi dan barang siapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin maka ia dilaknat.  (HR. Al- Hakim)
Hadirin yang berbahagia
Karunia waktu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi kita seorang Muslim. Bahkan lebih berharga daripada harta dunia yang kita miliki. Karena harta dunia apabila hilang maka masih bisa kita cari. Sementara waktu apabila telah berlalu tidak mungkin untuk kembali lagi. Sehingga tidak ada yang tersisa dari waktu yang telah lewat kecuali apa yang telah dicatat oleh malaikat. Baik buruk, besar kecil, semua tercatat sebagai amal kita.
Maka sungguh betapa ruginya orang yang tidak memanfaatkan waktunya untuk selalu menambah amal kebajikan, apalagi jika kemudian malah dipenuhi dengan kemaksiatan demi kemaksiatan.
Meskipun kehidupannya serba tercukupi dan serba ada, tapi apalah artinya kalau semua itu hanya akan berakhir dengan menerima siksaan api neraka di hari akhir.
Allah Subhanahu wa Ta’ala memperingatkan kita di dalam ayat-Nya:
أَفَرَءَيْتَ إِن مَّتَّعْنَاهُمْ سِنِينَ . ثُمَّ جَآءَهُم مَّاكَانُوا يُوعَدُونَ . مَّآ أَغْنَى عَنْهُم مَّاكَانُوا يُمَتَّعُونَ
Artinya: “Maka tentunya engkau tahu, jika Kami berikan kepada mereka kenikmatan hidup bertahun-tahun. Kemudian datang kepada mereka azab yang telah diancamkan kepada mereka niscaya tidak berguna bagi mereka apa yang mereka selalu menikmatinya.” (Q.S. Asy-Syu’ara [26]: 205-207).
Tahun Baru Hijriyah yang kita lalui setiap tahun,  terkandung sejarah dan nilai-nilai yang terus relevan hingga kini. Nabi sendiri tak pernah menetapkan kapan tahun baru Islam dimulai. Begitu pula tidak dilakukan oleh khalifah pertama, Abu Bakar Ash-Shiddiq.
Awal penanggalan itu resmi diputuskan pada era khalifah kedua, Umar bin Khathab, sahabat Nabi yang terkenal membuat banyak gerakan perubahan kebaikan selama memimpin umat Islam.
Momen hijrah Nabi dari Makkah menuju Madinah sebagai awal penghitungan kalender Islam mengandung makna yang sangat dalam.
Hijrah mengandung makna tekad untuk terus maju dalam kebaikan, semangat perjuangan menegakkan kalimah Allah, perencanaan yang matang, dan kerja keras ke arah tujuan yang jelas, ridha Allah.
Tujuan akhir ridha Allah, harus dimulai dengan niat awal karena Allah pula. Itulah maka, hadits yang berkitan dengan hijrah disandingkan dengan niat.
Dari niat ikhlas semata karena Allah itu, akan terus terpelihara perjuangan,  ikhtiar, pengorbanan, keteguhan prinsip, keseriusan, kesabaran, dan keistiqamahan.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ
Artinya: “Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena menginginkan kehidupan yang layak di dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.”
Hadirin yang Allah muliakan
Peristiwa hijrah merupakan tonggak perjuangan umat Islam untuk selanjutnya mereka tidak hanya dikagumi oleh kawan tapi juga disegani oleh lawan. Dengan totalitas hijrah ini, umat Islam tampil kokoh dan solid, teguh tapi sekaligus kasih sayang, tegar sekaligus lembut.
Mereka dipersaudarakan karena Allah dalam satu komunitas berjamaah, perjuangan jihad dan dakwah, nasihat dan tarbiyah. Mereka kuat dan solid karena berkumpul bukan sebab harta, usaha, bisnis, apalagi kepentingan politik. Namun berkumpulnya semata-mata karena panggilan jihad, panggilan tarbiyah sekaligus panggilan untuk sama-sama beribadah.
Allah menggambarkan keridhaan-Nya terhadap mereka pada ayat:
وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللّهُ عَنْهُمْ وَرَضُواْ عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَداً ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
Artinya: “Dan orang-orang yang terdahulu yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. Allah ridla kepada mereka dan mereka pun ridla kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar.” (Q.S. At-Taubah [9]: 100).
Karena itulah, hadirin sekalian marilah kita jadikan Tahun Baru Hijriyah ini sebagai momentum perbaikan terus menerus dalam amal ibadah kita, baik yang bersifat individu maupun sosial.
Terlebih jika itu menyangkut juang umat, tarbiyah, dakwah dan jihad. Maka marilah kita koreksi diri kita, sudahkah kita berkontribusi lebih maksimal lagi, sesuai apa yang Allah karuniakan kepada kita. Sebab semua akan ada pertanyaan dan pertanggungjawabannya atas apa-apa yang kita miliki.
Harta, ilmu, fasilitas, makanan, kendaraan dan semua yang kita akui sebagai milik kita, akan ada konsekwensinya di hadapan Allah. Dan Allah tidak menulis apa-apa yang kita hayalkan, ingin ini ingin begitu, tetapi wujud nyata amal sholehnya. Itulah hakikat amal kita.
Hijrah dari Dunia Oriented menjadi Akhirat Oriented, itulah hijrah kita.
Seperti digariskan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam:
مَنْ كَانَتِ الآخِرَةُ هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ غِنَاهُ فِى قَلْبِهِ وَجَمَعَ لَهُ شَمْلَهُ وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِىَ رَاغِمَةٌ وَمَنْ كَانَتِ الدُّنْيَا هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَفَرَّقَ عَلَيْهِ شَمْلَهَ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلاَّ مَا قُدِّرَ لَهُ
Artinya: “Barangsiapa yang niatnya untuk menggapai akhirat, maka Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya, Dia akan menyatukan keinginannya yang tercerai berai, dunia pun akan dia peroleh dan tunduk padanya. Barangsiapa yang niatnya hanya untuk menggapai dunia, maka Allah akan menjadikan dia tidak pernah merasa cukup, akan mencerai beraikan keinginannya, dunia pun tidak dia peroleh kecuali yang telah ditetapkan baginya.” (H.R. At-Tirmidzi).
Imam Hasan Al-Bashri menyimpulkan bahwa iman itu bukanlah khayalan dan angan-angan. Tapi iman adalah sesuatu yang diyakini dalam hati dan dibenarkan dengan amal perbuatan.
بَارَكَ الله لِى وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِى وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذْكُرَ الْحَكِيْمَ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَاِنَّهُ هُوَالسَّمِيْعُ العَلِيْمُ, وَأَقُوْلُ قَوْلى هَذَا فَاسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْر الرحيمُ

Selasa, 20 Juni 2017

International Conference QUHAS and 2nd Annual Meeting AIAT 2017

CALL FOR PAPERS
International Conference on Qur'ān and Ḥadīth Studies (ICON-QUHAS) and the 2nd Annual Meeting of Indonesian Association of Qur’anic Studies (AIAT)
Jakarta, November 6-8, 2017

A.  Main Theme: The Current Status and Development of Qur’ānic and Ḥadīth Studies: Sources, Discourses, and Practices

Topics:
- Methodologies of Qur’ānic and Ḥadīth studies
- Living Qur’ān and Living Ḥadīth/Sunnah
- Educational Institutions of Qur’ānic and Ḥadīth Studies
- The Qur’ān and Ḥadīth and the Social Issues
- Qur’ānic and Ḥadīth Studies in Indonesia

B. Invited Speakers:
Prof. Dr. Kamaruddin Amin, MA (Director General of Islamic Education, Ministry of Religious Affairs)
Prof. Dr. Said Agil Husein al-Munawwar (Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta)
Prof. Dr. Nasaruddin Umar,  MA (Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta)
Prof. Dr. M. Amin Abdullah, MA (Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta)
Prof. Dr. Mun’im Sirry, MA (University of Notre Dame, Indiana, USA)
Prof. Dr. Adis Duderija, MA (Griffith University, Australia)
Prof. Dr. Muhamad Ali, MA (University of California, Riverside USA)
Sahiron Syamsuddin, MA, Ph.D (Head of Indonesian Association of Qur’anic Studies/ Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta)
Dr. Alfatih Suryadilaga, MA (Head of Indonesian Association of Hadith Studies/ Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta)
Ahmad Rafiq, Ph.D (Indonesian Association of Qur’anic Studies/ Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta)

C. Important Dates:
        Paper Submission (max 7 pages) August 10, 2017
Notification of Acceptance October 10, 2017
Registration and Payment October 17 – 31, 2017
Final Camera Ready October 31, 2017
Conference Date November 6-8, 2017

D. Paper Submission
- Papers should be written in readable and plain English and between 5 to 7 pages.
- Language: English is the working language of the conference. If English is not your native language, please have your papers read by a native English speaker, or seek online services of proof reading to improve the language of your papers. Please note that your paper is subject to further review and it may be rejected if it is deemed that English of your paper is not acceptable.
- Paper submission is done through the EasyChair system https://easychair.org/conferences/?conf=iconquhas2017 . If you already have an account for EasyChair just login with your existing account. If you don't have an EasyChair account you can register on the EasyChair Registration Page or during the paper submission process.

E. Publications
- Accepted papers will be published in the ICONQUHAS2017 Conference Proceedings and be submitted to be published in an internationally indexed conference proceeding (Thompson Reuters published by Atlantis Press);
- Best Paper will be recommended, with some revision (30%), to be published on Scopus Journals, Accredited Journals (HIPIUS), and National Journals (NUN, Refleksi, QUHAS).

F. Registration Fee
International Presenter USD 300
International Student Presenter USD 150
International Participant USD 150
International Student Participant USD 100

Indonesian Presenter Rp. 1.200.000,-
Indonesian Student Presenter Rp.     750.000,-
Indonesian Participant Rp.     500.000,-
Indonesian Student Participant Rp.      250.000,-

The fees include:
Beverage and meal during the event
Access to all talks, sessions and book exhibition
Conference kits
Certificate
Paper submitted and published by Atlantis Press

Payment method

Payment should be made through:
UIN Jakarta
Account No: 0189298613
Bank Address:
BNI Cabang Fatmawati UIN Syarif Hidayatullah
Swift Code: BNINIDJA
Send your proof of payment to iconquhas@uinjkt.ac.id

G. Contact Us
The ICONQUHAS 2017 Secretariat
Faculty of Ushuluddin – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia,
        4th Floor
        Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat, Jakarta, 15412
        INDONESIA

        Email: iconquhas@uinjkt.ac.id
        Whatsapp: 081314758035 and 08128340778

Sumber :http://iconquhas.event.uinjkt.ac.id/

Senin, 30 November 2015

LOGIKA DALAM FILSAFAT DAN RELEVANSINYA UNTUK MENGGAPAI KEMAJUAN KEILMUAN


A. PENDAHULUAN
Secara sederhana, berfikir filosofis adalah berpikir secara kritis, mendalam sampai akar-akarnya serta dapat dipertanggungjawabkan. Pengertian sederhana tersebut dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwasannya peranan logika dalam berfikir filosofis menduduki peranan sentral.  Meskipun demikian, para filosof klasik tidak memperkenalkan logika dalam bangunan konsep yang dia bangun. Seperti Aristoteles, meski membuat karya tentang dasar-dasar logika, berpendapat bahwa logika bukan termasuk dari bagian Filsafat (berfikir secafar filosofis, red), namun merupakan bagian sebelum dari filsafat itu sendiri, logika adalah sebuah persiapan sebelum memasuki dunia berpikir secara filosofis.[1]
Dalam perjalanannya, logika tidak hanya sebagai ilmu persiapan untuk memasuki dunia filsafat, tetapi bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dari Filsafat. Lebih lanjut, perkembangan filsafat juga kemudian menjadikan logika sebagai ilmu cabang dari filsafat, meski hal itu tentunya terdapat pro-kontra. Oleh karena itu, mengenal lebih jauh tentang logika, baik ketika masih menjadi ilmu pembuka, bagian integral, maupun sebagai cabang filsafat.
Berawal dari pemaparan diatas, ada beberapa pertanyaan yang perlu mendapat kajian, terutama dalam pembahasan makalah ini, selain sejarah logika diatas, adalah apa yang dimaksud dengan logika, apakah ada perbedaan pengertian melihat pergeseran aksiologis logika secara historis. Lebih jauh lagi, dalam dunia pengetahuan kontemporer filsafat menduduki posisi strategis dan utama dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Nah, bagaimana posisi logika dalam persoalan tersebut, apakah sestrategis filsafat atau bahkan melebihi filsafat.
Disamping itu, logika juga perlu dikaji dalam sisi agama, bagaimana peranan dan kedudukannya dalam agama, hal ini dikarenakan dalam agama Islam, misalnya, literatur utama dan pertamanya-al-Quran-tidak sedikit menggunakan redaksi akal dan berfikir. Dari semua pemaparan diatas dan keterbatasan waktu-ruang, maka penulis coba berusaha menjawab berbagai pertanyaan diatas semampunya dalam tulisan singkat ini.   
    B.     PEMBAHASAN
      a.      Sekapur sirih “Logika”
a     Logika berasal dari kata Yunani Kuno, λογική(logikos) yang berasal dari kata benda λσγσς (Logos) yang mempunyai arti sesuatu yang diutarakan, pertimbangan akal (pikiran), kata, percakapan, dan bahasa.
Sedangkan λογική(logikos) berarti mengenai sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal (piki
ran), mengenai kata, mengenai percakapan, mengenai bahasa. Oleh karena itu, logika menurut bahasa
adalah suatu pertimbangan akal atau pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan melalui
bahasa.[2]
              Sedangkan logika menurut para ahli adalah sebagai berikut:
-          Jan Hendrik Rapar: Logika adalah cabang filsafat yang menyusun, mengembangkan, dan membahas asas-asas, aturan-aturan formal dan prosedur-prosedur normatif, serta kriteria yang sahih bagi penalaran dan penyimpulan demi mencapai kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan secara rasional.[3]
-          K. Bertens: Logika adalah ilmu yang berguna untuk menyelidik lurus tidaknya pemikiran.[4]
-          Harry Hamersma: cabang filsafat yang menyelidiki kesehatan cara berfikir, aturan-aturan mana yang harus dihormati supaya pernyataan-pernyataan sah.[5]
-          I Gusti Bagus Rai Utama: logika adalah ilmu yang memepelajari kecakapan untuk berfikir secara lurus, tepat, dan teratur.[6]
-          Loren Bagus: Logika adalah studi tentang aturan-aturan penalaran yang tepat serta bentuk dan pola pikiran yang masuk akal.[7]
               Dari pemaparan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa logika adalah ilmu yang membahas aturan-aturan dan metode keabsahan atau ketepatan berfikir.[8] Oleh karena itu, filsuf klasik, Aristoteles, tidak memasukkan logika dalam karya-karya filsafatnya dikarenakan logika merupakan pijakan utama dan pertama dalam memasuki dunia filsafat. Lebih jauh lagi, K. Bertens mengemukakan bahwa salah satu alasan Aristoteles karena logika menurutnya merupakan pijakan awal sebagai persiapan untuk berfikir.[9] Tentunya, alasan tersebut menurut sebagian orang bertentangan.
       Misalnya, seorang dapat membaca harus mengetahui tulisan. Hal ini pasti akan menimbulkan dua kutub besar, pertama mengatakan tulisan termasuk bacaan, kedua tulisan bukan termasuk bacaan. Contoh tersebut sama halnya dengan mengatakan pangkal filsafat adalah penalaran, namun bagi kelompok tertentu penalaran bukanlah filsafat, menurut sebagian lainnya penalaran adalah bagiannya.
       Aristoteles, salah satu tokoh pertama Filsafat, meski tidak memasukkan logika dalam karya-karyanya, namun dalam kenyataannya, logika dalam filsafat Arietoteles menduduki posisi strategis. Salah satu bukti bahwa Filsafat Aristoteles menggunakan “kerangka kerja” logika adalah banyak didapati didalam karya-karyanya struktur kerja logika, seperti analitika-penyelidikan tentang argumen berdasarkan putusan-putusan yang benar dan dialektika-penyelidikan tentang argumen berdasarkan hipotesa. Selain itu, Aristoteles membuat beberapa karya yang kemudian hari menjadi pijakan pengembangan logika, categoriae, De Interpretatie, Analitica Priora, Analitica Posteriora, Topika dan De Sophisticis Elenchis.
       Cicero-lah, Filsuf Yunani abad pertama, yang mengenalkan logika dalam filsafat. Meski sebagai orang pertama-menurut sebagian besar-yang memperkenalkan istilah logika dalam filsafat, namun dia mengartikan logika sebagai seni berdebat, bukan sebagai aturan dan metode menyingkap keabsahan sebuah pernyataan. Sedangkan filsuf pertama yang menggunakan istilah logika seperti sekarang adalah Alexander Aphrodisias, seorang filsuf abad ke-3 yang menyatakan bahwa logika adalah ilmu yang menyelidiki lurus atau tidaknya pemikiran.[10]
       Logika yang berkembang dewasa ini merupakan sebuah metode berfikir yang sesuai aturan, tentunya, aturan ini bersinergi kepada epistemologi yang dipegang oleh masing filsuf. Seperti filsuf rasionalisme, berpegang pada aturan-aturan keabsahan berfikir secara rasional, filsuf empirisme berpegang kepada aturan-aturan empirik. Namun demikian, aturan-aturan keabsahan tersebut merupakan aturan ilmiah sehingga bisa dijadikan dasar kelogisan berpikir ilmiah. Hal ini dikarenakan filsafat kontemporer memposisikan logika sebagai suatu metode berpikir ilmiah sehingga aturan-aturan dalam metode tersebut harus sesuai dengan criteria metode ilmiah. Oleh karena itu, beberapa filsuf mengkategorikan logika kepada logika ilmiah dan alamiah, artinya logika meski membicarakan metode dan aturan berpikir, namun pemikiran tidak semuanya bisa mengikutinya. Seperti logika ilmiah adalah penarikan kesimpulan dari premis-premis (proposisi) dengan ketentuan ilmiah, berbeda dengan logika alamiah yang terkadang mengesampingkan ketentuan ilmiah.
        Ahmad Tafsir dalam bukunya, Filsafat Ilmu, mengatakan bahwa berpikir dengan logika (logis) adalah penyimpulan sebuah proposisi yang ada atas kesuasaiannya dengan hukum alam. Sedangkan rasional adalah menarik kesimpulan seseuai dengan akal. Sebaliknya, logika alamiah adalah penyimpulan yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum alam, tetapi hal ini dapat dipergunakan sebagai pengetahuan selama argument-argument yang dipakai untuk menyimpulkannya dapat diterima akal.[11]  logika alamiah ini kemudian dikenal dengan logika suprarasional.
               Salah satu contohnya adalah Ibrahim dan Api sebagaimana yang termuat kisahnya dalam al-Quran. Dari kisah tersebut, jika dilihat dari logika (sebagai metode dan aturan berfikir yang benar), tentunya menjadi seperti ini:
               Ibrahim adalah Manusia
               Api menghanguskan benda yang dibakar
               Manusia dibakar hangus
               Tentunya, logika ilmiah menarik kesimpulan Ibrahim dibakar hangus. Tetapi, sebagaimana yang dikisahkan dalam al-Quran bahwasannya Ibrahim tidak hangus. Oleh karena itu, menurut logika ilmiah peristiwa terbakarnya Ibrahim tidak dibenarkan. Namun dengan kacamata logika alamiah, hal itu dapat dibenarkan dengan argument-argument seperti ini.
        Tuhan membuat api. Api itu terdiri atas dua substansi, yaitu api dan panas. Api dan panas sama-sama diciptakan oleh Tuhan. Namun, secara kondisional dan kepentingan Tuhan, Tuhan mengubah sifat api dari panas menjadi dingin. Bolehkah Tuhan berbuat seperti itu?[12]
        Dengan penjelasan Ahmad Tafsir diatas, tentunya dapat disimpulkan bahwa logika adalah pijakan berfikir logis, berfikir logis merupakan menarik sebuah kesimpulan atas premis-premis yang ada beserta argumennya dan dapat diterima oleh akal.Penjelasan Tafsir tersebut juga perlu digaris bawahi bahwasannya logika merupakan suatu metode berfikir yang integral dengan corak dan aliran epistemologi yang dianutnya.
        Sebagaimana pemaparan sebelumnya, logika merupakan sebuah alat penalaran dalam berfikir yang berdasarkan premis-premis dalam bentuk proposisi. Oleh karena itu, langkah awal dalam berlogika adalah memiliki pengetahuan awal, baik secara a priori atau a posteriori, yang ada dalam premis tersebut. Tentunya, penalaran dengan asas logika tersebut akan tidak benar-jika tidak ingin mengatakan sesat-sejak awal jika proses bernalar tidak didahului pengetahuan. Lebih lanjut, jika dicermati secara seksama, unsur-unsur yang ada dalam logika adalah term atau konsep, proposisi dan penyimpulan.    
b.      Objek Logika
Membicarakan logika sebagai ilmu tersendiri, atau framework ilmiah, tentunya membawa kepada pertanyaan objek kajian logika. Dalam disiplin ilmu pengetahuan, objek kajian terbagi menjadi dua, objek formal dan material. Hal ini juga berlaku kepada kajian logika sebagai suatu disiplin ilmu.
Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas bahwasannya logika adalah ilmu yang mempelajari metode dan aturan-aturan berpikir yang sah. Berawal dari definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwasannya objek material dari logika adalah berfikir atau pemikiran tentang ilmu itu. Sedangkang objek formal dari logika adalah metode atau aturan-aturan keabsahan berfikir.
Pembagian objek kajian logika, menurut sebagian orang, akan bertemu pada psikologi. Seperti yang sudah diketahui, objek material suatu keilmuan masih memungkinkan sama dengan objek material ilmu lainnya. Semisal, objek material filsafat dan kedokteran sama, yaitu manusia. Sama halnya dengan filsafat dan kedokteran, objek material logika dan psikologi sama, yaitu kajian aktivitas berpikir. Namun yang membedakan diantara keduanya adalah sebagai berikut.
Logika mempelajari hukum-hukum, patokan-patokan dan rumus-rumus berpikir. Psikologi juga membicarakan aktivitas berpikir, karena itu kita hendaklah berhati-hati melihat persimpangannya dengan logika. Psikologi mempelajari pikiran dan kerjanya tanpa menyinggung sama sekali urusan benar salah. Sebaliknya, urusan benar salah menjadi pokok dalam logika.[13]
      c.       Macam-Macam Logika
Tidak sedikit buku yang membahas persoalan logika dalam filsafat, sejak era klasik hingga sekarang berjumlah ratusan. Akibatnya, bagi sebagian orang macam-macam logika sangat membingungkan dikarenakan dalam buku tertentu macam-macam logika belum tentu dijumpai dalam buku-buku lainnya. Oleh karena, secara sederhana penulis ingin membagi beberapa macam logika sependek pengetahuan yang dimiliki hasil dari pembacaan beberapa refrensi yang ada.
1.      Logika dilihat dari kualitas
   
a.       Naturalis
   
Naturalis dalam KBBI diartikan sebagai sesuatu yang bersifat alami, bercorak alam nyata.[14] Sedangkan yang dimaksud disini bahwa logika naturalis adalah kecakapan berlogika berdasarkan kemampuan akal bawaan manusia.[15] Sebagai manusia ciptaan Tuhan, tentunya manusia manusia memiliki beberapa pengetahuan yang sudah terkonstruk dalam pikirannya yang berguna untuk kehidupan sehari.
Secara nyata, logika naturalis adalah metode dan aturan berfikir kaum rasionalis. Mereka memandang bahwa adanya prinsip-prinsip dasar dalam dunia dimana hal itu bersumber dalam budi manusia dan diakui kebenarannya oleh akal. Oleh karena itu, bagi mereka pengetahuan tidak berdasarkan pengalaman atau eksperimen, namun berdasarkan kepada ide bawaan (Rene Descartes).
Dengan demikian, dalam buku-buku filsafat corak pemikiran seperti ini biasanya dirujukkan kepada tokoh-tokoh Rasionalis, seperti Descartes, Spinoza, Leibniz, Wolf dan berakar kepada Plato dan Aristoteles.    
b.      Ilmiah
   
Berbeda dengan naturalis, logika ilmiah lahir sebagai jawaban dari kekurangan dari logika naturalis. Logika ilmiah lebih menitik beratkan kepada penyusunan hukum-hukum, aturan, patokan dan rumus-rumus berpikir lurus. Lebih jauh lagi, bahwasannya kehadiran logika ilmiah memperhalus dan mempertajam pikiran dan akal budi. Dengan demikian, kesimpulan-kesimpulan logis dari premis-premis yang dinyatakan dapat dipertanggungjawabkan pembuktiannya.  
2.      Logika dilihat dari waktunya
a.       Tradisional
Tidak jauh berbeda dengan logika alamiah, bahwasannya logika tradisional adalah metode dan aturan berpikir logis mengikuti beberapa tokoh klasik, seperti Aristoteles, Logikus dan sebagainya. Namun, perbedaannya adalah logika tradisional tidak mengungkung dirinya hanya kepada tokoh-tokoh Rasionalis, tokoh-tokoh klasik empiris, seperti kaum Stoa, Chrysippus, Johanes Damascenus dan Boethius.  
b.      Modern
Jika logika tradisional dapat dikatakan sebagai Aristoteles sentries, maka logika modern sebaliknya. Dalam logika modern, logika-logika yang berpusat kepada Aristoteles atau filsuf-filsuf klasik ditinggalkan. Era ini ditandai dengan penemuan logika baru oleh Raymundus Lullus dengan istilahnya, ars magna.
Dalam logika tradisional setidaknya perkembangannya dipengaruhi oleh rasional dan empirisme. Namun begitu, kehadiran Lullus mencoba memberi warna baru dengan mengatakan bahwasannya pengetahuan tidak hanya berpusat kepada rasionalis dan empirisme, namun dimensi mistik perlu dipertimbangkan.[16]
Berbeda dengan Lullus, filsfus Jerman, Immanuel Kant lebih condong mengatakan bahwa metode atau aturan logika berpusat kepada akal budi yang disintesiskan dari rasio dan pengalaman inderawi. Selain itu, Henry Bergson (1859) juga menganggap tidak hanya akal terbatas, pengalaman juga terbatas. Oleh karena itu, metode dan aturan berpikir yang absah adalah intuisi.[17]
Selain itu, menurut Theodore Sider perkembangan logika modern merupakan perkembangan logika matematika dan simbol. Dalam artian, logika modern melihat bahasa sebagai alatnya dengan definisi formal, kalimat-kalimat formal dan sebagainya.[18]Lebih lanjut, logika modern menggunakan teknik-teknik matematika dalam menganalisa sebuah bahasa, salah satu contohnya adalah dengan menggunakan rumus-rumus.
3.      Logika dilihat dari obyeknya
a.       Formal
Logika adalah metode dan aturan berpikir yang benar. Oleh karena itu, benar atau tidaknya suatu kesimpulan dari premis-premis yang dibicarakan dalam logika memiliki dua kategori, benar dalam bentuknya dan benar dalam substansinya.
Logika formal adalah logika yang membicarakan kebenaran sebuah pernyataan dari sisi bentuknya. Pernyataan dianggap logis secara formal apabila kesimpulan yang ditarik logis dari premis dengan mengabaikan isi yang terkandung didalamnya.[19] Dengan demikian, logika formal akan mempunyai kesimpulan yang benar jika memiliki bentuk pernyataan yang benar. Misalnya,
Semua binatang adalah mati
Semua cicak adalah mati
Jadi, semua cicak mati
Contoh diatas memiliki bentuk premis yang dapat dibenarkan, hal ini berbeda dengan contoh dibawah ini,
Semua PNS adalah penerima gaji
Semua Pegawai Swasta adalah penerima gaji
Jadi, semua PNS adalah pegawai swasta.
Contoh diatas tidak dilihat ilmu logika kesimpulannya tidak dapat dibenarkan, hal ini dikarenakan bentuk dari kesimpulannya tidak memiliki dasar terhadap bentuk premis-premisnya. Bagaimana dengan kesimpulan yang mengabaikan substansi premisnya? Berikut contohnya.
Malaikat itu benda fisik
Batu itu malaikat
Maka, batu itu benda fisik[20]
Contoh diatas memperlihatkan bahwasannya kesimpulannya logis secara bentuknya karena kesimpulannya ditarik dari bentuk premis-premis yang ada. Namun, logika tersebut, tentunya, tidak benar jika dilihat dari substansi, baik premisnya maupun kesimpulannya.
b.      Material
Selain kebenaran logika dilihat dari bentuknya, keabsahannya juga dapat dilihat dari substansi atau isinya. Logika material adalah kesimpulan premis yang ditarik dari substansi atau isi premis-premis yang ada. Berbeda dengan logika formal, logika material penekanan kebenaran kesimpulannya berada pada substansi kesimpulan sesuai dengan substansi premis yang ada.
Oleh karena itu, dalam memahami logika formal maupun material diperlukan sebuah pengetahuan yang benar ketika membuat sebuah premis. Jika premis tersebut secara nyata berisikan sesuatu yang salah, maka dapat dipastikan substansi kesimpulan juga salah. Perhatikan beberapa contoh dibawah ini.
-                      Manusia adalah binatang berkaki empat
Alibaba adalah manusia
Jadi, alibaba adalah binatang berkaki empat
-                      Semua ayam mempunyai kaki
Dadang bukanlah ayam
Jadi, dadang mempunyai kaki[21]
Dari dua contoh diatas, jika ditelaah lebih lanjut maka contoh pertama merupakan contoh yang menunjukkan keabsahan bentuk kesimpulannya, tidak pada sisi substansinya. Sedangkan contoh kedua menunjukkan bahwa kesimpulannya absah secara substantif, tidak secara bentuknya.
4.      Logika dilihat dari proses atau dasar pemikiran
a.       Deduksi
Logika deduktif adalah penarikan kesimpulan dari premis-premis yang ada, premis-premis tersebut merupakan sebuah pernyataan umum yang sudah diketahui.[22] Oleh karena itu, sebagian orang mengatakan bahwasannya logika deduksi (dan induksi) merupakan logika yang dikembangkan oleh filsuf klasik sekitar abad ketiga Sebelum Masehi (SM). Salah satu metode deduksi yang sering dipakai adalah silogisme. Seperti Aristoteles, dia mengatakan bahwa silogisme merupakan sebuah argumen yang diambil secara pasti dari premis-premis yang menyatakan permasalahan berlainan.[23]
Oleh karena itu, silogisme adalah penalaran atau penarikan kesimpulan yang terdiri dari tiga prosisi. Proposisi pertama dan kedua merupakan premis (anteseden), sedangkan proposisi yang ketiga merupakan kesimpulan (konsekuen). Premis pertama digolongkan kepada premis mayor, sedangkan premis kedua dikategorikan sebagai premis minor.[24]
Perhatikan contoh berikut ini.
Semua manusia adalah berakal
Hasan adalah manusia
Jadi, hasan adalah berakal
Memang, dilihat dari contoh-contoh diatas maka dijumpai kesulitan untuk memahami dikarenakan adanya kemiripan contoh. Namun, Mundiri membatasi patokan-patokan terhadap logika yang disebut dengan silogisme sebagai berikut.
-          Apabila dalam satu premis partikular, kesimpulan harus partikular
-          Apabila salah satu premis negatif, kesimpulannya harus negatif
-          Dari dua premis yang sama-sama partikular, maka tidak sah mengambil sebuah kesimpulan
-          Dari dua premis yang sama-sama negatif, maka tidak menghasilkan kesimpulan apapun[25]
Berbeda dengan Mundiri, Sabarti Akhadiah memberikan patokan logika silogisme sebagai berikut.
-          Di dalam silogisme hanya ada tiga macam: term mayor, term minor dan tengah
-          Term dalam kesimpulan tidak boleh lebih luas dari term-term dalam premisnya
-          Term tengah tidak boleh terdapat dalam kesimpulan
-          Term tengah sekurang-kurangnya satu kali harus distributif[26]
Dari patokan yang diberikan kedua tokoh diatas, sesungguhnya tidak ada perselisihan, namun satu sama lainnya melengkapi, sehingga dapat di gabungkan kedua patokan tersebut menjadi sebuah patokan umum yang harus dipatuhi dalam silogisme.
b.      Induksi
Jika penalaran deduksi adalah menarik kesimpulan dari sesuatu yang umum, maka penalaran atau logika induksi sebaliknya. Logika induksi adalah penarikan kesimpulan yang bersifat umum dari premis-premis yang bersifat khusus. Misalnya,
Sapi itu binatang bermata
Cicak itu binatang bermata
Kerbau itu binatang bermata
Jadi, semua binatang bermata.
Tentunya, bagi para pembaca akan menimbulkan pertanyaan, seperti dimakah letak perbedaan antara deduksi dan induksi selain prosesnya? Suwardi dalam bukunya, Filsafat Ilmu, menjelaskan dengan tabel sebagai berikut.
Induksi
Deduksi
Proses pemikiran dari sesuatu yang khusus kemudian disimpulkan kepada yang umum
Proses pemikiran dari sesuatu yang umum kemudian disimpulkan kepada yang khusus
Kesimpulan induksi bersifat generalisasi dan sintesis
Kesimpulan deduksi bersifat analitis
Penalaran induksi bersifat probable dengan lainnya bergantung kepada alasan
Penalaran deduksi bersifat sahih dengan relevansi premis yang ada
Penalaran induktif tidak siap dipakai untuk menjelaskan deduksi
Penalaran deduksi adalah tonggak penalaran untuk perkembangan keilmuan
Tabel : Suwardi Endraswara (2013:192-193)
5.      Logika dilihat dari kesimpulannya
a.       Langsung
Logika langsung yang dimaksud disini adalah penalaran yang premisnya sebuah proposisi dan langsung disusul dengan proposisi sebagai kesimpulannya. Untuk memahaminya, cermati contoh sebagai berikut.
Kerbau itu Binatang
Sebagian binatang itu kerbau
b.      Tidak langsung  
Berbeda dengan logika langsung, logika tidak langsung adalah sebuah penalaran dengan kesimpulannya berdasarkan atas beberapa proposisi. Contohnya sebagai berikut.
            Kerbau itu binatang
            Binatang itu buaya
Cicak itu binatang
            Sebagian binatang itu kerbau
     d.      Manfaat Logika Dalam Pengembangan Keilmuan
Sebagaimana yang sudah dipahami, salah satu ciri pengetahuan adalah ilmiah. Ilmiah dalam arti bahwa ilmu tersebut prosesnya menggunakan metode-metode, aturan-aturan dan penalaran-penalaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Walaupun demikian, sudah menjadi kesepakatan umum bahwa semua itu tergantung masing-masing ilmuan untuk memakai metode, aturan dan penalaran yang mana.
Secara historis, peranan logika sudah diaplikasikan oleh manusia untuk menguraikan peristiwa-peristiwa yang terjadi, meski logika mistis atau dongeng. Namun, dalam perkembangannga logika ilmiah lebih dikedepankan dalam hal itu guna memperoleh pengetahuan yang lebih ilmiah.[27] Lebih lanjut, sebuah pengetahuan harus memiliki unsur reasonable untuk diterima. Tentunya, unsur tersebut bertemu dengan fungsi logika itu sendiri, yaitu menjelaskan alasan-alasan tentang suatu kesimpulan yang dapat diterima dan tidak.
Dengan demikian, tugas logika dalam pengembangan ilmu pengetahuan adalah membuka cara berpikir logis ilmuwan dalam tata cara kerja ilmiah. Sebaliknya, ilmu pengetahuan sebagai hasil aktifitas logika. Logika dan pengetahuan merupakan dua term yang tidak dapat dipisahkan. Pengetahuan tanpa logika bohong dan logika tanpa pengetahuan kosong.
Lebih lanjut, manfaat logika dalam pengembangan ilmu pengetahuan dapat diperinci sebagai berikut.
1.      Logika menyatakan, menjelaskan, dan mempergunakan metode dan aturan abstrak yang dapat dipakai dalam pengembangan semua keilmuan.
2.      Daya berpikir abstrak tersebut membantu melatih dan mengembangkan daya berpikir ilmiah
3.      Logika mencegah ketersesatan berpikir yang harus dihindari oleh ilmu pengetahuan
4.      Logika modern membantu berpikir secara mandiri dan membedakan pikiran yang salah dan benar.
5.      Selain itu, logika membantu berpikir lurus, tepat dan teratur sehingga membantu memperoleh kebenaran yang menjadi modal penting dalam pengembangan pengetahuan.[28]
    e.       Proposisi, Logika dan Objektivitas
Dalam uraian diatas, proposisi selalu menghiasi ketika mencoba memahami arti dari sebuah logika, hal ini dikarenakan proposisi merupakan bagian integral dari logika itu sendiri. Lebih jauh lagi, keabsahan sebuah logika tergantung pada kebenaran proposisi yang disusun untuk dijadikan sebuah premis, baik premis mayor maupun minor.
Proposisi dapat diartikan sebagai sebuah ungkapan pembenaran atau pengingkaran atas pemahaman sederhana. Proposisi merupakan sebuah proses lanjutan dari kerja intelek, pemahaman sederhana, dan merupakan sebuah proses awal dari kerja intelek terakhir, yaitu penalaran.[29] Ketiga cara kerja inilah yang dinamakan cara kerja intelek secara komprehensif.
Perhatikan contoh berikut ini,
Hasan adalah manusia penyabar
Besi dipanaskan akan memuai
Agus Salim adalah diplomat
Semua pengetahuan sederhana yang tertuangkan dalam pernyataan diatas adalah proposisi, atau dalam kata lain proposisi merupakan pernyataan dari pemahaman sederhana yang dibenar dan salahkan. Oleh karena itu, jika ada sebuah pernyataan dari pemahaman sederhana tetapi tidak dapat dinilai benar atau salah, namun hanya sebuah pernyataan yang menunjukkan sebuah kehendak atau keinginan, maka hal itu bukanlah sebuah proposisi. Misalnya,
Semoga Tuhan melindungimu
Ambilkan saya segelas air
Alangkah cantiknya gadis itu
Menjadi sebuah pertanyaan disini adalah validitas kebenaran dan kesalahan sebuah proposisi. Dari sini, perlu penulis jelaskan bahwasannya kebenaran proposisi itu dilihat dari ketegori proposisi itu sendiri. Setidaknya, proposisi secara ketegoris terdapat dua macam, yaitu proposisi analitik dan proposisi sintetik.
Proposisi analitik adalah proposisi yang predikatnya mempunyai pengertian yang sudah terkandung pada subyeknya. Sedangkan proposisi sintetik adalah proposisi yang predikatnya mempunyai pengertian yang bukan menjadi keharusan bagi subyeknya.
Kuda adalah hewan
Pepaya ini manis
Dari kedua contoh proposisi diatas, contoh pertama merupakan proposisi analitik, dikarenakan pengertian hewan sudah dapat dimengerti dalam kata kuda. Sedangkan contoh kedua dinamakan proposisi sintetik, dikarenakan pengertian manis belum terkadung dalam subyeknya, yaitu pepaya.
Kedua macam proposisi tersebut sesungguhnya adalah pemahaman mengenai sumber pengetahuan itu sendiri. Dalam proposisi pertama, dituntut adanya sebuah pengetahuan alamiah, a priori, untuk memahaminya. Sedangkan proposisi kedua adalah sebuah pengetahuan yang bersifat a posteriori, sebuah pengetahuan yang validitasnya tergantung kepada sebuah pengalaman inderawi.[30]
Dengan demikian, hubungan antara proposisi, logika dan objektivitas erat. Penalaran ilmiah membutuhkan kebenaran logika dalam berpikirnya, sedangkan kebenaran logika bertumpu kepada kebenaran proposisi yang disusun. Kebenaran-kebenaran, baik dalam proposisi dan logika, tentunya bersifat relatif, tidak mutlak. Dari sini, sikap obyektif seorang ilmuwan diperlukan untuk melihatnya dengan benar. Ketika proposisi dibangun dengan rasionalitas, bukan emperis, maka ketika menilai proposisi tersebut dan digunakan sebagai logika ilmiah hendaklah menyikapinya dengan rasional, bukan emperical.
     f.       Logika Dalam Studi Islam
Sungguh menguras tenaga dan pikiran tatkala harus menjelaskan logika dalam Studi Islam. Secara eksplisit, Islam dijadikan sebagai obyek keilmuan tentunya membutuhkan logika untuk mengembangkannya sebagaimana keilmuan lainnya. Namun secara historis, justru logika merupakan salah satu dimensi yang menyebabkan keilmuan dalam Islam stagnan. Hal ini tentunya dapat dimengerti karena perkembangan keilmuan berbanding lurus dengan perkembangan Logika atau sebaliknya.
Terlepas dari itu semuanya, dengan segala keterbatasan dan kedangkalan keilmuan yang dimiliki oleh penulis, dalam kesempatan kali ini, penulis mencoba untuk mengidentifikasi penyebab kemunduran atau stagnasi Logika yang ada dalam Islam (studi ,Red).
Menurut hemat penulis, ada beberapa alasan mengapa logika dalam Islam mengalami stagnasi, yaitu
   1.      Bergulat dengan Hukum
   
Logika dalam Islam sebenarnya sudah diajarkan dan diamalkan sudah jauh hari oleh Umat Islam. Dalam Studi Islam, Logika beristilahkan dengan Ilmu Mantiq.[31] Dalam buku monumentalnya al-Akhdhari, ilmu mantiq, para sarjana Muslim sesungguhnya masih berpolemik atas hukum mempelajari Logika. Dalam perkembangan keilmuan, polemik hukum mempelajarinya telah mempengaruhi sebagian umat Islam untuk mempelajarinya, sehingga perkembangannya tidak signifikan. Logika yang ada dalam kitab-kitab klasik belum juga terbarukan dengan logika-logika baru hasil “sintesis” sarjana modern maupun kontemporer.
Polemik hukum dan keterpengaruhan hukum Logika (Ilmu Mantiq) dalam dunia Islam, terlebih Islam yang berada ditimur lebih menerima ajaran al-Ghazali dan Syafi’i, berimbas pada mental pelajar Muslim untuk menekuni dunia logika. Lebih jauh lagi, hukum yang tersebar dan menduduki rangking pertama adalah haram, sehingga menimbulkan antipati terhadap logika oleh umat Islam.
    2.      Romantisisme Mu’tazilah
   
Nama golongan ini mungkin secara nyata sudah tidak ada dalam dunia kontemporer. Namun, secara keilmuan, hal itu dapat dijumpai lagi. Padahal, golongan inilah yang secara historis telah mampu membawa Islam bersanding dengan agama-agama lain secara ilmiah. Tentunya, dalam hal ini penulis tidak ingin mengatakan mendukung Mu’tazilah untuk dibangkitkan lagi. Namun, penulis ingin mengatakan bahwa logika jika dipertemukan dalam agama tidak ada salahnya. Seperti pisau, pisau itu akan membahayakan dan tidaknya berbanding lurus kepada yang memegang dan memanfaatkannya. Jadi pisau dan logika tidak pernah salah, namun oknum yang memegang dan memanfaatkannya lah yang salah. Sehingga begitu naif, jika alat itu yang dijudgment bersalah atas tindakan oknum yang yang memeganginya.
Oleh karena itu, ketika Hamka dipenjara, dia berkata, “kalian bisa memenjarakan fisik saya, tapi pikiran dan akal saya tidak bisa dipenjarakan oleh siapa pun”. Hal ini karena pikiran maupun akal tidak bisa dihentikan untuk selalu berproses melahirkan pemikiran-pemikiran. Seharusnya, umat Muslim tidak terpengaruh secara signifikan terhadap hukum mempelajari Logika, tetapi tetap mempelajari untuk kepentingan keilmuan itu sendiri.
Stigma negatif perlu dirubah dengan berlandaskan aksiologi keilmuan Islam, untuk kepentingan kemajuan ilmu yang ada. Pisau meski sudah beribu-ribu yang digunakan untuk hal negatif, namun dari perjalanan ruang-waktu, pisau tersebut masih diproduksi dengan menghiraukan hal negatif yang sudah ditimbulkan, karena hal itu timbul bukan dari pisaunya, apalagi pembuatnya, kenegatifan itu lahir dari oknum yang memegang dan memahaminya.   
    C.     KESIMPULAN
Dari pemaparan diatas bahwasannya penulis dapat menyimpulkan
   1.      Logika lahir bersamaan dengan kehadiran filsafat, meskipun secara istilah baru dijumpai pada abad pertama masehi, namun secara ontologis logika sudah lahir sejak jauh hari.
   2.      Logika merupakan sebuah ilmu tentang metode dan aturan berpikir yang absah, benar atau salah. Keabsahan, kebenaran atau kesalahan itu juga tergantung kepada logika mana yang dipakai.
   3.      Objek material dari logika adalah berfikir. Sedangkang objek formal dari logika adalah metode atau aturan-aturan keabsahan berfikir
   4.      Tentunya, kehadiran logika sejak awal sangat membantu pengembangan keilmuan dikarenakan sifat dasar keduanya yang sama. Oleh karena itu, perkembangan dan kemunduran ilmu berbanding lurus (salah satu faktornya) dengan perkembangan dan kemunduran Logika
   D.     DAFTAR PUSTAKA
Akhadiah. Sabarti dan Dewi Listyasari. Winda (ed), Filsafat Ilmu Lanjutan, Jakarta: Kencana, 2011
Bagus. Lorens, Kamus Filsafat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005
Copi. Irving M., Introduction to Logic: Eigth Edition, New York: Macmillan Publishing Company, 1990
Endraswara. Suwardi, Filsafat Ilmu: Konsep, Sejarah dan Pengembangan Metode Ilmiah, Yogyakarta: CAPS, 2013
Hamersma. Harry, Pintu Masuk ke Dunia Filsafat, Yogyakarta: Kanisius, 2008
K. Bertens, Sejarah Filsafat Yunani: dari Thales ke Aristoteles, Yogyakarta: Kanisius, 1999
KBBI Offline versi 1.5
Keraf. Sonny dan Dua. Mikhael, Ilmu Pengetahuan: Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius, 2001
Mundiri, Logika, Jakarta: Raja Grafindo Persada dan IAIN Walisongo Press, 2001
Rapar. Jan Hendrik, Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Kanisius, 1996
Sider. Theodore, Logic For Philosophy, Versi pdf, Tk:Tp, 2010
Tafsir. Ahmad, Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007
Utama. I Gusti Bagus Rai, Filsafat Ilmu dan Logika, Bandung: Universitas Dyana Pura, 2013
http:// santosogereja.blogspot.co.id

 

[1]Selengkapnya lih K. Bertens, Sejarah Filsafat Yunani: dari Thales ke Aristoteles (Yogyakarta: Kanisius, 1999) hlm, 167-168
[2]Jan Hendrik Rapar, Pengantar Filsafat (Yogyakarta: Kanisius, 1996), hlm. 52. Lihat juga Lorens Bagus, Kamus Filsafat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005), hlm. 519
[3]Jan Hendrik Rapar, Pengantar Filsafat..., hlm. 52
[4]K. Bertens, Sejarah Filsafat Yunani ..., hlm. 167
[5]Harry Hamersma, Pintu Masuk ke Dunia Filsafat (Yogyakarta: Kanisius, 2008), hlm, 21
[6]I Gusti Bagus Rai Utama, Filsafat Ilmu dan Logika (Badung: Universitas Dyana Pura, 2013), hlm. 69
[7] Loren Bagus, Kamus Filsafat..., hlm. 520
[8] Definisi logika yang selama ini ditawarkan memunculkan persoalan lain. Seperti, metode dan aturan bagaimana sehingga pemikiran dapat dikatakan absah. Lebih lanjut, Irving M. Copi mengatakan bahwa definisi tersebut masih menyisahkan persoalan absah dan tidaknya (reason well or correctly) sebuah pernyataan.Irving M. Copi, Introduction to Logic: Eigth Edition (New York: Macmillan Publishing Company, 1990), hlm. 3
[9] K. Bertens, Sejarah Filsafat Yunani..., hlm. 168
[10] Ibid, hlm. 167
[11]Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007), hlm. 13-17
[12]Ibid, 16-17
[13]Mundiri, Logika (Jakarta: Raja Grafindo Persada dan IAIN Walisongo Press, 2001), hlm. 7
[14]KBBI Offline versi 1.5
[15]Mundiri, Logika…hlm, 13
[16]Bto. Raymundus Lullus, dalam http://santosogerja.blogspot.co.id. Di akses pada tanggal 08 Nopember 2015
[17] M. Achwan Baharuddin “Epistemologi Irfani” dalam http://achwanruhayyun.blogspot.co.id /2011/10/ epistemologi-irfani.html. Di akses pada tanggal 09 Nopember 2015
[18] Theodore Sider, Logic For Philosophy, Versi pdf (Tk:Tp, 2010), hlm. 3
[19] Suwardi Endraswara, Filsafat Ilmu: Konsep, Sejarah dan Pengembangan Metode Ilmiah (Yogyakarta: CAPS, 2013), hlm. 186
[20] ibid, hlm. 188
[21] Ibid, hlm. 189
[22] Sabarti Akhadiah, “ Logika dan penalaran Ilmiah” dalam Sabarti Akhadiah dan Winda Dewi Listyasari (ed), Filsafat Ilmu Lanjutan (Jakarta: Kencana, 2011), hlm. 209
[23] Mundiri, Logika..., hlm. 87
[24] Ibid, hlm. 235
[25] Mundiri, Logika..., hlm. 90-91
[26] Sabarti Akhadiah, “Logika dan Penalaran..., hlm. 237
[27] A. Sonny Keraf dan Mikhael Dua, Ilmu Pengetahuan: Sebuah Tinjauan Filosofis (Yogyakarta: Kanisius, 2001), hlm. 24
[28] Suwardi Endraswara, Filsafat Ilmu..., hlm. 178-179
[29] Sabarti Akhadiah, “Logika dan Penalaran..., hlm. 211
[30] Mundiri, Logika..., hlm. 49
            [31] Ilmu Mantiq secara sederhana dapat diartikan sebagai ilmu yang membahas tentang alat dan formula berfikir agar terhindar dari kesalahan. Lih. Athiep Schutz, Pengertian Dan Ruang Lingkup Ilmu Mantiq, dalam http://awatifbaqis.blogspot.co.id /2012/04/pengertian-dan-ruang-lingkup-ilmu.html. Di akses pada tanggal 17 November 2015