A.
Pendahuluan
Ilmu Rijal
adalah satu disiplin ilmu yang penting untuk dikaji dalam rangka mendalami
hadis-hadis nabi, hal ini bias dilihat dari perkembangan ilmu rijal itu sendiri
dan banyak ulama hadis yang menaruh perhatiannya pada disiplin ilmu rijal.
Salah satu
ulama yang menaruh perhatiannya adalah al Mizzi dengan karyanya yang diberi
nama Tahdzibul kamal fi asma’I Rijal. Sebuah kitab monumental yang
disusun sekitar pada tahun 705 H sampai sekarang digunakan oleh pemerhati
hadis-hadis nabi jika mereka melakukan penelitian.
Dari sedikit
pengetahuan dasar tersebut, kami mencoba untuk mengulas kitab tahdzibul
kamal karya al mizzi tersebut dengan tujuan civitas hadis pada jaman
sekarang dapat bertambah wawasannya akan halnya ilmu rija al hadis dan semoga
bermanfaat.
B.
Biografi
al Mizzi
Nama lengkap al
Mizzi adalah al Hafidz Jamaluddin Abu al Hajjaj Yusuf ibn al Zaki Abd Rahman bin
Yusuf bin Ali Abd al Mulk bin Ali bin Abi al Zuhr al Kalbi al Kudha’I al Mizzi.
Ia dilahirkan pada 10 Rabiul Akhir 654 H di Syam. Ia wafat pada 12 Shafar 742 H
dan di makamkan disamping isterinya, Aisyah bin Ibrahim bin Shadiq, disebelah
barat makam Ibn Taymiyyah.
Al Mizzi
pertama kali belajar pada tahun 675 H, ia belajar hadis pertama kali pada
Zainudin Abi al Abbas Ahmad bin Abi al Khair
Salamah bin Ibrahim al Dimasyqi al Haddad al Hambali(589-678H). Dari
sinilah, muncul keinginan yang tinggi terhadap Hadis sehingga ia mengarahkan
cita-citanya untuk belajar dan mendalami Hadis, hal ini dibuktikan dengan
didalaminya kitab-kitab hadis, seperti kutubbut tis’ah, musnad al imam
ahmad, al mu’jam al kabir karya al Thabarani serta banyak kitab yang
lainnya.
Kemudian al
Mizzi mengembara ke kota-kota Palestina, Himsha, Himah dan Ba’albak. Ia
kemudian melanjutkan perjalanannya dengan menunaikan ibadah haji dan belajar di
Makkah dan Madinah. Setelah itu, ia pergi ke Mesir dan di Alexandria ia belajar
kepada Shadr al Din Sahnun sampai pada tahun 684 H. Pada tanggal 23 Dzulhijjah
718 H, ia menjadi pemimpim lembaga Hadis terbesar di Damasku, Dar al Hadis al
Asyrafiyyah. Al Mizzi juga mengajar di lembaga pendidikan Darul Hadis al
Himshiyah dan pad tahun 739 H di angkat
menjadi pimpinan lembaga hadis termaju di Damaskus, Darul Hadis al Nuriyah,
sampai wafat.
C.
Latar
Belakang Penulisan Tahdzibul Kamal
Sebuah
inspirasi yang memacu al Mizzi untuk membuat karya tulis dalam Rijalul Hadis
adalah kitab al kamal fi asma’I Rijal karya al Hafidz Abu Muhammad Abd al
Ghani, kitab ini memuat semua para perawi kutubbut tis’ah, baik dari kalangan
sahabat, tabiin, atba’ tabiin sampai semua guru-gurunya. Namun bagi al Mizzi,
kitab tersebut mempunyai kekurangan-kekurangan yang harus di carikan solusinya,
di antara kekurangan-kekurangan tersebut adalah kebanyakan nama-nama hingga
mencapai ratusan jumlahnya dari perawi kutubuttis’ah kurangnya penjesalan dan
informasi. Hal inilah yang mendorong al Mizzi pada keputusan untuk menyusun kitab
baru yang berdasarkan perawi-perawi dalam kitab al kamal dan kitab itu
dinamakan dengan Tahdzibul kamal fi asma’I rijal. Ia memulai
menulisnya pada tanggal 9 Muharram 705 H dan selesai pada Hari Raya Idul Adha
712 H, kitab tersebut terdiri dari 14 jilid yang oleh al Mizzi mulai
dipresentasikan pada 706 H..
D.
Sistematika
Penulisan
a.
Al Mizzi
memulainya perawi dengan berdasarkan urutan mu’jam, bapak-bapak mereka dan
memulainya dengan nama ahmad.
b.
Hal ini ia juga
lakukan dalam tentang kunyah, nasab, laqab dan perawi wanita,
c.
Al Mizzi
menyebutkan sejumlah biografi untuk membedakan dalam nama dan tingkatannya para
perawi kutubuttis’ah.
d.
Al Mizzi
membedakan nama-nama yang ia tambahkan dari biografi kitab al kamal dengan
tanda yang berbeda. Ia menulis nama perawi dan nama ayah dari perawi tersebut.
e.
Jika ada sebuah
periwayatan dari jalur sahabat, ia mencatumkan periwayatan tersebut atau orang
yang meriwayatkan darinya.
f.
Apabila ada
periwayatan langsung dari imam enam maka al Mizzi mencatumkan periwayatannya
atau periwayatan dari orang yang meriwayatkan darinya atau orang lain yang
meriwayatkan dari orang yang meriwayatkan darinya.
g.
Jika ada sebuah
periwayatan secara langsung dan tidak maka ia cantumkan terlebih dahulu.
h.
Jika ada
periwayatan tidak langsung kemudian ada periwayatan secara langsung maka ia
cntumkan yang yang tidak langsung sedangkan periwayatan yang secara langsung di
beri sebuah kode tersendiri,
E.
Keunggulan
Kitab Tahdzibul Kamal dengan Al Kamal
1.
Memulai
penyusunan perawi berdasarkan urutan mu’jam
2.
Al Mizzi
mengulangi susunan biografi dari guru dan perawi setelah membari banyak
tambahan.
3.
Al Mizzi
memberikan masing-masing pengarang kode sebanyak 27 kode. 6 kode untuk yang
disepakati dalam kitab kutubuttis’ah, 2 kode untuk yang disepakati pengarang
kitab sunan dan 19 kode untuk kitab lainnya. Kode ditulis di setiap nama
pemilik biografi dengan warna hitam karena penulisan nama-nama dengan warna merah.
4.
Al Mizzi juga menambahkan empat pasal penting
di akhir kitabnya yang tidak ada dalam kitab al kamal:
1.
Fasl fi man
isytaha bi al nisbati ila abihi aw jaddihi aw ummihi aw ‘ammihi aw nahwi
dzalik.
2.
Fasl fi man
isytahara bi nisbati ila qabilah aw shina’ah aw nahwi dzalik.
3.
Fasl fi man
iasytahara bi laqabihi aw nahwi dzalik
4.
Fasl fi
mubhamat
Tambahan-tambahan
yang mendasar diatas menjadikan kitab ini tiga kali lipat besarnya dari pada
kitab al kamal. Al Tahdzib memiliki 250 bagian hadis yang tertulis dalam 40
halaman. Al Mizzi menyusun kitabnya dengan susunan yang baru baik bentuknya
secara umum maupaun pokok-pokok dari setiap biografi, ia membuat susunan dalam
sebagian kitabnya dengan susunan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
F.
Kutipan
Kitab Tahdzibul Kamal
Ø Rawi berdasarkan huruf mu’jam
(1)
ـ
أَحْمَدُ بنُ إِبْرَاهِيـمَ بنِ خَالِد الْمَوْصِلِي، أَبُو عَلِي، نَزِيْـلُ
بَغْدَاْد.
روى عن: إبراهيـم بن سَعْد بن إبراهيـم بن عبد الرحمن بن عَوْف الزّهرِيّ
الـمدنـيّ، وإبراهيـم بن سُلَـيْـمان أبـي إسماعيـل الـمؤدب، وإسماعيـل بَن
إبراهيـم بن مِقْسَم الأسَدي الـمعروف بـابن عُلَـيّة، وجعفر ابن سلـيـمان
الضّبَعِيّ، وحُبَـيّب بن حَبِـيْب الكوفـيّ أخي حَمْزة بن حَبـيْب الزيّات
القارىء، والـحكم بن سِنان البَـاهلـي القِرَبِـيّ، والـحكم بن ظُهَيْر الفَزاريّ،
وحَمّاد بن زَيْد، وخَـلَف
بنِ خـلـيفة، وسعيد بن عبد الرحمن الـجُمَـحِيّ، وأبـي الأحْوَص
سَلاّم بنَ سُلَـيْـم الـحَنَفِـيّ، وأبـي الـمنذر سَلاّم ابن سلـيـمان القارىء،
وسيف بن هارون البُرْجُمِيّ، وشريك بن عبدِ الله النّـخَعِيّ القاضي، وصالـح بن
عُمر الواسطيّ، والصّبَـيِ بن الأشعَث ابن سالـم السّلُولِـيّ، وأبـي زُبَـيْد
عَبْثَر بن القاسم الزّبَـيْديّ الكوفـيّ، وعبد الله بن جعفر بن نُـجَيْح
الـمَدِينـيّ والد علـي ابن الـمَدِيْنـيّ، وعبدِ الله بن الـمبـارك، وعمر بن
عُبَـيْد الطّنَافِسيّ، وفرج بن فَضالة الشاميّ (فق)، ومـحمد بن ثابت العَبْدِيّ
(د)، ومعاوية بن عبد الكريـم الثّقَـفـيّ الـمعروف بـالضّالَ، وأبـي العلا ناصح بن
العلاَء، ونوح بن قـيس الـحُدّانـيّ، وأبـي عَوانة الوَضّاح بن عبد الله
الـيَشْكُريّ الواسطيّ، ويزيد بن زُرَيْع، ويوسف بن عَطية الصفّـار البَصْري.
روى عنه : أبو داود حديثاً واحداً، و إبراهيـم بن عبد الله بن
الجُنَيْد الخُتّليّ، وأحمد بن الـحسن بن عبد الـجبـار الصّوفـي الكبـير، وأبو
يَعْلَـى أحمد بن علـي بن الـمُثنى الـمَوْصِلِـيّ، وأبو العبـاس أحمد بن مـحمد بن
خالد البَرَاثِـيّ، وأحمد بن مـحمد بن عبد العزيز بنالـجعد الوَشّاء، وأحمد بن
مـحمد بن الـمُسْتلـم، وجعفر بن مـحمد بن قْتـيبة الأنصاريّ الكوفـيّ، والـحسن بن
علـي بن شبـيب الـمَعْمريّ، وحَمّاد بن الـمُؤمّل الضريرُ، وعبدُ الله بنُ أحمد بن
مـحمد بن حَنْبل، وأبو القاسم عبدُ الله بن مـحمد ابن عبد العزيز البغوي، وأبو بكر
عبدُ الله بن مـحمد بن عُبَـيد بن سفـيان القُرَشيّ الـمعروف بـابن أبـي الدنـيا،
Ø Berdasarkan kunyah
(8779)
ـ س: أبو إبْرَاهيـم التَّرْجمَانِي، اسمه: إسْمَاعِيـل بن إبراهيـم بن بَسَّام.
روىٰ عن: شُعيب بن صَفْوان (س)، وغيرِه.
روىٰ عنه: زكريا بن يحيـى السِّجْزِيُّ (س)، وغيرُه.
روى له النَّسائي. وقد تَقَدَّم فـي الأسماء. (ر: 407).
Ø Beradasarkan man isytahara ila abihi, jaddihi, ummihi, ‘ammihi
aw ghairu dzalik.
(10052)
ـ [شه ابنُ أَبْجِر]، هو: عبد الـملِك بن سعيد بن حَيّان بن أَبْجَر. (ر: 4111).
Ø Berdasarkan laqab
(11111)
ـ أبو الأَحْوص: محمد بن الهيثم بن حَمّاد قاضي عُكْبَرا كُنيته أبو عبد الله، و
أبو الأحوص لقبٌ غلب علـيه (ر: 6258).
Ø Berdasarkan Mubhamat
(11176)
ـ بخ د: إبْراهِيـمُ بنُ أبـي أَسِيد البَرّاد.
عن: جده، عن أبـي هريرة «إياكم والبغضة وإياكم والـحَسَد».
إن لـم يكن جده سالـم بن عبد الله البَرّاد مولـى القرشيـين، فلا أدري
من هو (ر: 149).
Ø Berdasarkan bab perawi wanita
(11414)
ـ ع: أَسْمَاءُ بنتُ أبـي بَكْرٍ الصّدّيق زَوْجَة الزّبَـير بن العَوّام، وهي
شَقِـيقَةُ عَبْد الله بن أبـي بَكْر. أُمّهُما أمّ العَزّىٰ قَـيْـلة، ويقال:
قُتَـيْـلَةُ بنتُ عَبْدِ العُزّىٰ بنِ عَبْدِ أسعد بن جَابِر، وقـيـل: نَصْرُ بنُ
مَالِكِ بنِ حِسْلِ بنِ عَامِرِ بنِ لُؤيّ.
كان إسلامها قديـماً بـمكة وهاجرت إلـىٰ الـمدينة وهي حامل بعبد الله
بن الزبـير.
روت عن: النّبِـيّ (ع).
روىٰ عنها: تَدْرُس جَدّ أبـي الزّبـير مـحمد بن مُسلـم بن تَدْرُس
الـمكيّ مولـىٰ حَكيـم بن حِزام، وطَلـحة بن عبد الله بن عبد الرّحمٰن بن أبـي بكر
الصّديق، وعَبّـاد بن حَمْزة بن عبد الله بن الزّبـير (م س)، وعبـاد بن عبد الله
بن الزّبـير (ع)، وابنها عبد الله بن الزّبـير، وعبد الله بن عبـاس (م)، وعبد الله
بن عُبَـيْد الله بن أبـي مُلَـيْكة (ع)، وعبد الله بن عُروة بن الزّبـير، ومولاها
عبد الله بن كَيْسان (خ م د س ق)، وابنها عُروة بن الزّبـير (خ م د س)، والقاسم بن
مـحمد الثّقـفـيّ، ومرزوق الثّقـفـيّ (بخ) (خادم عبد الله بن الزّبـير)، ومُسلـم
الـمُقرىء (م)، وأبو نوفل بن أبـي عَقْرب (م)، وأبو واقد اللّـيثـي، وصَفـيّة بنت
شيبة (خ م س ق)، وفـاطمة بنت الـمُنْذر بن الزّبـير (ع).
وكانت تسمىٰ ذات النّطاقـين، وإنـما قـيـلَ لها ذلك لأنّها صَنَعت
للنّبِـيّ سُفْرة حينَ أراد الهِجْرة إلـىٰ الـمدينة فَعَسُرَ علـيها ما تَشدّها
به، فَشَقّت خِمارها، فَشدّت السّفْرة بِنِصفه، وانَتَطَقت بـالنّصف الثّانـي،
فسمّاها رسول الله : ذات النّطاقـين. هكذا ذكر مـحمد بن إسحاق وغيرُه.
وقال الزّبـير بن بَكّار فـي هذا الـخَبَر: إن رسول الله قال لها:
أبْدَلك الله بنطاقِك هذا نطاقـين فـي الـجَنّة، فقـيـل لها: ذات النطاقـين.
وقال الأَسو
Ø Berdasarkan Kunyah perawi wanita
(11605)
ـ د ت س: أُمّ بُجَيْد الأَنْصَارِيّة يقال: اسمُهَا حَوّاء، لها صُحبة، وكانت من
الـمُبـايعات.
روىٰ حديثَها عبد الرّحمٰن بن بُجَيْد الأَنْصاريّ (د ت س)، عن جَدّته
أُمّ بُجَيْد الأنصاريّة، عن النّبِـيّ «رُدّوا السائلَ ولو بظلفٍ مُـحْرَق».
روى لها أبو داود، والتّرمذيّ، والنّسائي.
G.
Penutup
Meski
kitab tahdzibul kamal fi asma’I Rijal karya al Mizzi ini menimbulkan pro
kontra yang antara lain apakah kitab tersebut sebagi ringkasan, penyempurna
atau hal baru dari kitab al kamal fi asma’I rijal karya al Ghani namun
kitab tersebut telah memberikan warna tersendiri pada ilmu rija al hadis,
terutama dari ketegori penyusunan dan sistematika kitab rijal yang ada.
Demikianlah
yang bias kami ulas dan kami sadar tiada gading tak retak maka kami sebagai
pemkalah membuka seluas-luasnya saran, kritik maupun yang lain untuk menjadikan
pengetahuan tentang kitab ini lebih bertambah dan semoga bermanfaat.
H.
Daftar
Pustaka
Softwere
maktabah Syamilah
Softwere
al I’lam Wa Tarajim al Rijal